Mahasiswa UTY Juara III Lomba Pidato Bahasa Jepang

Mahasiswa UTY Juara III Lomba Pidato Bahasa Jepang

Sudarsih, mahasiswa angkatan 2010 Program Studi D3 Bahasa Jepang UTY telah berhasil meraih juara III Lomba Pidato Bahasa Jepang tingkat mahasiswa dan umum se-D.I.Yogyakarta yang digelar dalam rangkaian kegiatan Dai 7 Kai Nihongo no Hi 2012 di FIB UGM pada hari Sabtu tanggal 5 Mei 2012. Lomba tersebut diikuti oleh 17 peserta yang terdiri atas 4 mahasiswa Program Studi D3 Bahasa Jepang UTY dan 13 mahasiswa Program Studi S1 Sastra Jepang UGM.

Lomba Pidato Bahasa Jepang atau Nihongo no Benron Taikai  tingkat mahasiswa dan umum merupakan agenda rutin tahunan dengan sponsor utama The Japan Foundation Jakarta. Lomba dibagi menjadi Lomba Tingkat Daerah dan Lomba Tingkat Nasional. Pada tahun 2012 ini, Lomba Tingkat Daerah diselenggarakan di 9 wilayah di Indonesia, yaitu Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Sulawesi. Selanjutnya dari 14 orang Juara Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Daerah dari wilayah Jabodetabek (3 orang), Jawa Barat (3 orang), Jawa Tengah (1 orang), D.I.Yogyakarta (1 orang), Jawa Timur (2 orang), Sumatera Barat (1 orang), Sumatera Utara (1 orang), Bali (1 orang), dan Sulawesi (1 orang) akan diundang untuk tampil dalam Lomba Pidato Tingkat Nasional di Jakarta pada hari Sabtu tanggal 9 Juni 2012 yang memperebutkan hadiah grand berupa kunjungan ke Jepang. Dengan demikian, pada Lomba Pidato bahasa Jepang Tingkat Nasional 2012 ini hanya ada 1 peserta dari  D.I. Yogyakarta yang akan diundang ke Jakarta, yaitu peraih juara I saja yang merupakan peserta dari mahasiswa Program Studi S1 Sastra Jepang UGM.

Meskipun belum berhasil terpilih sebagai wakil D.I.Yogyakarta untuk maju dalam Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional pada tahun ini, menurut Suhartini, SS,MA, Ketua Program Studi D3 Bahasa Jepang UTY, prestasi Sudarsih tersebut sudah cukup membanggakan karena dapat memberikan semangat baru bagi para mahasiswa UTY Program Studi D3 Bahasa Jepang lainnya untuk kembali turut berpartisipasi dalam Lomba Pidato Tingkat D.I.Yogyakarta pada tahun-tahun mendatang setelah beberapa tahun sebelumnya Program Studi D3 bahasa Jepang UTY tidak mengirimkan wakilnya dalam Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Daerah. Dengan terus belajar, berlatih dan memupuk semangat untuk menang, bukan sesuatu hal yang mustahil jika pada tahun-tahun mendatang mahasiswa Program Studi D3 Bahasa Jepang UTY akan dapat meraih prestasi yang lebih tinggi lagi seperti pada tahun 2006 dan 2007. Pada tahun 2006 dan 2007,  saat itu penyelenggaraan Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Daerah D.I.Yogyakarta masih digabung dengan Jawa Tengah sehingga ada 2 peserta yang diundang untuk tampil dalam Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional di Jakarta, mahasiswa Program Studi D3 Program Studi Bahasa Jepang UTY atas nama Santi Purnamasari telah berhasil meraih juara ke-2 tingkat DIY-Jateng secara berturut-turut sehingga berhak mewakili DIY-Jateng untuk mengikuti Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional di Jakarta.