KUNJUNGAN INDUSTRI PRODI D3 AKUNTANSI KE PT. SRITEX

KUNJUNGAN INDUSTRI PRODI D3 AKUNTANSI KE PT. SRITEX

Pada tanggal 23 Oktober 2012 telah dilaksanakan kunjungan industri oleh 80 mahasiswa D3 akuntansi Fakultas Bisnis dan Teknologi Informasi Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY). Menurut M. Abdul Dzul J.I ketua panitia yang juga merupakan mahasiswa D3 akuntasi UTY  dipilihnya PT. Sritex sebagai tempat kunjungan adalah karena PT. Sritex merupakan perusahaan textile terbesar se asia tenggara dan  menerapkan sistem kontrol kualitas dengan ketat yaitu memonitor semua aktifitas produksi dari proses inspeksi kain sampai penjahitan garmen. Selain itu PT. Sritex juga menerapkan sistem produksi tekstil-garmen yang terintegrasi, PT. Sritex mengoperasikan 6 unit garmen dengan 130 lini produksi garmen yang dilengkapi dengan mesin jahit otomatis terkomputerisasi, perlengkapan finishing dan pressing garmen, dan juga sistem pattern and marker terkomputerisasi.

Bahagia Tarigan SE,,M.Si.Akt selaku Dekan Fakultas Bisnis DanTeknologi Informasi menyampaikan pada saat acara pelepasan, tujuan diadakannya kunjungan industri  adalah sebagai salah satu sarana untuk memperkenalkan dunia kerja kepada mahasiswa disamping untuk untuk mengetahui kondisi dunia kerja, kunjungan industri juga sangat berperan dalam membentuk pola pikir dan semangat mahasiswa untuk berpikir ke arah yang lebih luas, sehingga diharapkan dapat tercipta mahasiswa yang kreatif dan tidak awam dengan dunia kerja dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.

 Mahasiswa D3 akuntansi UTY yang didampingi oleh Kaprodi D3 akuntasi Kristianto Pw. SE.,MM.,Akt.,  Dra. Lilis Endang Widjayanti selaku dosen pembimbing, Sekar Akrom Faradiza, SE.,M.Sc.,Akt, dan Wawan Setiawan, SE.,M.Si.,Akt selaku dosen,  tiba di PT. Sritek yang berlokasi di Jl. KH. Samanhudi 88 Jetis, Sukoharjo, Jateng pada  jam 12.35 kemudian diterima oleh Srisaptono Basuki selaku Manager GA PT.Sritex, Moh. Herry  (supervisor) dan Ferry Kristiawan (Trainer).

 Pada kesempatan tersebut Basuki menjelaskan bahwa menerima kunjungan industri adalah salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh PT. Sritex sebagai salah satu bentuk kepedulianya kepada masyarakat maka PT. Sritex menyambut baik kunjungan yang dilakukan mahasiswa D3 akuntasi UTY. Dijelaskan juga oleh Basuki bagaimana PT. Sritex berdiri dari hanya sebuah toko kain yang berada di pasar klewer kemudian sampai menjadi perusahaan tekstil yang konsumennya sampai 28 negara dengan spesialis pakaian militer.PT. Sritex sampai saat ini terdiri dari 10 unit spinning, 5 unit weaving, 3 unit dyeing-printing-finishing unit, dan divisi garment. PT. Sritex mempunyai lahan 150 hektar dan mempunyai karyawan mencapai 16rb dengan 70 % hasil produksi di export dan 30 % dijual dalam negeri.

 Acara dilanjutakan Tanya jawab seputar system informasi akuntansi termasuk akuntasi biaya produksi (cost accounting) ,quality control sytem, dan marketing strategy yang diterapkan PT. Sritex dalam persaingan usaha. Sebelum acara ditutup Kaprodi D3 akuntasi Kristianto Pw., SE., MM., Akt menyampaikan keinginanya untuk melanjutakan kerjasama diantaranya  agar para mahasiswa D3 akuntansi setelah lulus diberi kesempatan untuk mengikuti seleksi karyawan dan kerjasama pelatihan Sumber Daya Manusia dalam hal ini para mahasiswa. Basuki selaku wakil manajemen PT. Sritex menyambut baik untuk dilakukannya kerjasama tersebut.

 Acara kunjungan indusri diakhiri dengan melihat kegiatan  unit garment yang melibatkan  ribuan karyawan melakukan aktivitas pembuatan seragam militer berbagai negara dan pembuatan pakain jadi. Mahasiswa D3 akuntansi UTY juga diberi kesempatan melihat showroom pakain hasil produksi PT. Sritex yang bisa dibeli langsung.