Prodi Sipil Mengadakan Kuliah Lapangan Fly Over Jombor

Prodi Sipil Mengadakan Kuliah Lapangan Fly Over JomborBulan November kemarin, tepatnya pada tanggal 24 November 2012 Prodi Teknik Sipil UTY mengadakan kuliah lapangan bertema ‘Kuliah Lapangan Fly Over Jombor’. Kuliah lapangan ini dihadiri sekaligus dibuka langsung oleh Bapak Adi Setiabudi Bawono, ST, MT selaku Kaprodi Teknik Sipil UTY. Dalam sambutannya, Pak Adi Setiabudi menyampaikan event ini dimaksudkan agar mahasiswa lebih termotivasi dalam belajar dan lebih tertantang serta agar menjadi bekal bagi mahasiswa khususnya Prodi Teknik Sipil. Harapannya adalah agar mahasiswa tahu dan mengerti perkembangan dunia Sipil karena dunia konstruksi terus mengalami perkembangan.

Event ini dihadiri langsung oleh Project Manager PT Adhi Karya yang sekaligus menjadi nara sumber. Project Manager PT Adhi Karya menjelaskan, proyek Fly Over Jombor akan dikerjakan dalam tiga tahapan dengan pengerjaan pondasi dan pilar. Untuk pekerjaan tahun 2012 difokuskan pada bagian barat untuk melanjutkan pekerjaan pondasi dan pilar serta sebagian plat. Pada fly over jombor ini menggunakan box girder sebagai balok struktur karena memiliki bentang yang lebih panjang dari pada balok I girder meskipun harga satuan lebih mahal, tetapi karena bentang yang lebih panjang dan jumlah yang dibutuhkan lebih sedikit, membuat nilai proyek pada bagian ini lebih kecil. Selain itu penggunaan box girder mempunyai banyak kelebihan, diantaranya adalah pemeliharaan box girder relatif lebih mudah, hemat, umurnya lebih panjang, dan dilihat dari segi estetika lebih menarik. Pengerjaan juga dilakukan pada sisi Timur untuk pondasi. Pondasi yang digunakan adalah pondasi dalam bore pile. Pada tahun 2013 pekerjaan dilanjutkan untuk menyelesaikan lengan Barat dan pembuatan lengan timur ditambah dengan pembuatan underpass. Pada tahun 2014 dikerjakan pembuatan lengan dan pondasi bagian Utara dilanjutkan finishing.

peninjauan jembatanDisempatan lain, Pak Adi Setiabudi menerangkan bahwa tujuan lain yang tidak kalah penting dari event ini adalah mempersiapkan mahasiswa Teknik Sipil untuk mengikuti Kompeteisi Jembatan Indonesia (KJI). Event ini dapat lebih menarik minat mahasiswa serta memberikan pemahaman bahwa dunia Sipil itu sangat luas, tidak cukup mahasiswa hanya mendapatkan ilmu dari bangku perkuliahan.

Pencapaian UTY dalam mengikuti Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) sangat baik, karena sudah mampu masuk final 8 besar. Kompetisi ini diikuti oleh kampus-kampus besar Indonesia, dan suatu kebanggan bisa masuk kedalam final 8 besar. Kedepan diharapkan prestasi UTY, khususnya dalam kompetisi KJI mampu lebih baik lagi dan menjadi juara

 

Keterangan Gambar :

1. Pak Adi Setiabudi Bawono, ST, MT memberikan sambutan serta pengarahan

2. Mahasiswa bersama Manajer Proyek Konstruksi sedang melakukan peninjauan jembatan