TINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA, FST UTY SELENGGARAKAN SEMINAR WEB HACKING

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki tingkat cybercrime tertinggi. Cybercrime di Indonesia ini telah menimbulkan kerugian tidak hanya di Indonesia sendiri, tetapi juga ke luar negeri. Tindak kejahatan dengan menggunakan teknologi informasi ini dilakukan melalui Cyberpiracy, Cybertrespass, dan Cybervandalism.

Untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa terkait sekuriti komputer, beberapa waktu lalu diselenggarakan seminar Web Hacking and Security Computer dengan tema “Cyber Security for Beginner in Social and Technical Prespective”. Seminar tersebut menghadirkan Kurniawan, Founder X-CODE Indonesia, sebuah komunitas hacker yang berintelektual, berbudaya dan beradab yang membaktikan diri untuk ilmu pengetahuan. Dalam paparannya Kurniawan menjelaskan ada beberapa serangan yang mungkin terjadi pada sebuah web site, yaitu pembajakan password FTP, serangan remote file inclusion, serangan local file inclusion, injeksi SQL dan password Attach. Masing-masing serangan tersebut memiliki metode pengamanan yang berbeda-beda.

Dekan FST UTY, Endy Marlina ST, MT menyatakan bahwa seminar ini tidak dimaksudkan membekali mahasiswa untuk menjadi penyerang bagi web-web  yang ada, tetapi  membekali mereka untuk mengantisipasi serangan-serangan terhadap web yang dibangun mahasiswa. Seminar ini juga membekali mahasiswa untuk menjadi ethical hacker, yaitu seseorang yang memiliki kompetensi menguji, dan mengevaluasi keamanan jaringan bagi suatu instansi. Hal ini sesuai dengan visi Fakultas Sains dan Teknologi UTY untuk mencetak ahli di bidang teknologi Informasi yang unggul dalam kemampuan dan santun dalam berkarya.

Untuk mewujudkan visinya, FST UTY secara kontinyu membekali para mahasiswa dengan berbagai kemampuan dan ketrampilan sesuai bidang ilmunya, serta membangun kepribadian unggul sebagai pondasinya. Karena itu FST UTY terus mengembangkan dan membina jejaring dengan berbagai stakeholder, salah satunya adalah dengan Founder X-CODE Indonesia. Melalui Seminar Web Hacking and Security Computer itu, diharapkan mahasiswa dapat memberikan rekomendasi menutup celah-celah yang dimungkinkan penyusup melakukan tindak kejahatan.
Berbagai upaya telah dilakukan FST UTY dengan strategi yang tepat dan berhasil menelurkan berbagai prestasi di bidang Teknologi Informasi. Saat ini, beberapa mahasiswa FST UTY berhasil memikat perhatian microsoft, dan terpilih menjadi microsoft student partner. Komunitas DreamSpark Windows 8 Champ juga dikembangkan oleh microsoft di UTY dan telah menghasilkan berbagai aplikasi berbasis Windows 8 yang membuktikan bahwa mahasiswa UTY mampu bersaing di level internasional. Selain itu, berbagai kompetisi di bidang IT juga berhasil dimenangkan oleh mahasiswa UTY. Hal ini adalah bukti nyata langkah pasti FST UTY untuk mencapai visinya.