Explore Passion Kewirausahaan, Tiara Juara Kompetisi Bisnis di Jepang

Memenangi suatu kompetisi merupakan kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa, apalagi kompetisi internasional. Baru-baru ini Tiara Mahardika, mahasiswa semester 7 Prodi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), berhasil memenangi kompetisi merancang Business Plan yang diadakan oleh 3 perusahaan di Jepang, yaitu Bandai Namco, Idemitsu, dan Ryohin Keikaku. Ketiganya merupakan perusahaan besar yang bergerak di bidang retail berbagai produk dengan ciri harga murah dan kualitas prima.

Tiara menyampaikan bahwa seleksi dalam kompetisi yang diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai negara tersebut dilakukan melalui tiga tahap. Tahap pertama screening resume dan essay, tahap kedua presentasi dan interview oleh panitia dari Jepang yang dilakukan di masing-masing negara untuk memilih wakil atau juara dari negara tersebut, dan tahap ketiga adalah babak final yang diselenggarakan di Jepang dengan membuat business plan ulang dengan digabungkan atau dikolaborasikan dengan peserta dari negara lain.

Di tingat nasional ia berhasil menjadi juara 2 Indonesia, mengungguli peserta lain dari PTN dan PTS, ungkap Tiara. Dari kemenangan tersebut ia berhak maju ke babak final di Jepang mewakili Indonesia, dengan fasilitas dari panitia berupa tiket pesawat Indonesia-Jepang PP, Hotel bintang 4, transport, uang saku, dan akomodasi lain selama seminggu di Jepang mengikuti kegiatan babak final, imbuhnya.

Di babak final, tersaring 18 peserta yang berasal dari enam negara yaitu Jepang, Indonesia, China, Vietnam, Singapore, dan Hongkong. Mereka kemudian dijadikan berkelompok-kelopok untuk kembali diuji untuk membuat business plan berkolabirasi dengan peserta lain yang tergabung dalam satu kelompok kemudian mempresentasikannya. Ia merasa sangat bersyukur karena setelah bersaing dengan peserta lain dari ke enam negara tersebut, ia berhasil menjadi juara 2, dengan memperoleh hadiah sejumlah uang danpiagam penghargaan. Ia menyampaikan bahwa dengan mengikuti kompetisi tersebut ia memperoleh banyak sekali manfaat antara lain bertambahnya wawasan, rasa percaya diri, kemampuan komunikasi, networking, teamwork, serta terbuka memahami perbedaan dan menjadikannya sebagai kelebihan.

Tiara mennyampaikan bahwa membuat bisnis plan merupakan hal penting bagi mahasiswa khususnya yang berminat untuk menjadi wirausahawan. Dengan membuat Business Plan maka secara otomatis akan meng-explore passion di bidang kewirausahaan. Sedangkan mengikuti kompetisi business plan akan memberikan keyakinan dan menguji bahwa apa yang dirancang merupakan suatu yang memiliki kemungkinan sukses untuk dijalankan.

Menurutnya business plan yang baik harus mengacu pada realita perekonomian, sumber daya yang ada, sustainability, kondisi dan pangsa pasar yang ada, yang kemudian dikaji dengan keilmuan yang terkait untuk memperkuat isi dari rencana bisnis. Meskipun ia berasal dari jurusan Sastra Inggris, namun tidak menyurutkannya untuk tetap tertarik membaca realita bisnis dan mempelajari ilmu yang terkait dengan bisnis. Ia meyakini bahwa keberhasilannya tidak terlepas dari dukungan UTY dalam memberikan 4 mata kuliah unggulan. Materi teknologi informasi yang diperoleh dari kampus sangat membantu dalam menyajikan dan merancang bisnis masa depan, sedangkan mata kuliah kewirausahaan membekalinya untuk mengasah jiwa entreprenershipnya, ungkap Tiara.

Keterangan gambar :

  1. Tiara Mahardika (depan-berkacamata) bersama peserta lain saat kompetesi di Jepang
  2. Tiara Mahardika dengan para pemenang lainnya