Home | Biro

Universitas Teknologi Yogyakarta - UMP Siapkan Beasiswa S3 Untuk 5 Dosen UTY

Bermaksud untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pendidikan, serta sistem operasi pendukung proses belajar mengajar, pada tanggal 15-17 April 2013 ini Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Teknologi Yogyakarta (FST UTY) dan para kaprodinya mengadakan study excursion ke Universitas Malaysia Pahang (UMP). Kedatangan mereka disambut langsung oleh Prof. Dato’ Dr. Daing Mohd Nasir Bin Daing Ibrahim, Rektor UMP, Prof. Dato’ Ir. Dr. Bahrulhisham Bin Abdul Aziz, Wakil Rektor Jajaran Pejabat Antar Bangsa dan segenap jajaran pejabat di UMP.

Dalam kesempatan itu Daing Mohd Nasir menyampaikan dukungan penuh terhadap UTY yang secara aktif mengadakan kerjasama dengan berbagai perguruaan tinggi di luar negeri, begitu pula apresiasi niat baik FST UTY untuk mengembangkan Fakultas demi kemajuan pendidikan para mahasiswanya.

Selain mempelajari berbagi hal di UMP, juga dilakukan diskusi antara FST UTY dengan UMP yang menyepakati beberapa bentuk kerjasama berikut detail realiasinya. Endy Marlina, ST,MT Dekan FST UTY menyampaikan bahwa pada tahun ajaran 2013/2014 ini akan diselenggarakan program staff exchange yang akan dimulai pada bulan September 2013. Dalam program ini, dosen-dosen di FST UTY dan dosen-dosen di UMP akan berkolaborasi mengembangkan bahan pengajaran baik yang dilakukan di FST UTY maupun di UMP. Dalam diskusi itu pula disepakati adanya study grant bagi 5 dosen FST UTY untuk studi lanjut di UMP, menyusul 2 dosen FST UTY yang sedang menyelesaikan studi S3 di UMP. Selain itu pada tahun ajaran 2013/2014 FST UTY akan mengirim lagi mahasiswanya untuk melakukan student exchange, mengingat besarnya manfaat yang dapat dirasakan oleh mahasiswa peserta program student exchange baik dari segi tambahan ilmu pengetahuan, meningkatnya wawasan budaya, bertambah luasnya jaringan dan tentunya meningkatnya rasa percaya diri bergaul secara internasional. Endy menambahkan dalam tahun 2013 ini FST telah mengirimkan 4 mahasiswanya untuk belajar di UMP yang telah berakhir bulan maret 2013 lalu, serta akan diupayakan adanya joint riset dosen dan project tugas akhir mahasiswa.

Baik Daing Mohd Nasir maupn Endy Marlina merasa yakin jika kegiatan-kegiatan yang dirancang tersebut akan dapat direalisasikan dengan baik dan lancar, mengingat lancarnya realisasi kerjasama UTY dengan UMP yang telah berjalan dengan baik dalam beberapa tahun terakhir. Daing M. Nasir menambahkan jika tanggal 25 April ini juga akan diselenggarakan seminar internasional kerjasama UTY dengan UMP dan beberapa perguruan tinggi di Eropa.

Bagi UTY, kesepakatan kerjasama ini adalah salah satu langkah nyata untuk mencapai visi UTY Maju 2014 dan UTY Unggul 2018.

Keterangan gambar :

  1. Rektor UMP beserta staff dan Dekan FST UTY beserta para kaprodinya
  2. Dekan FST UTY dan kaprodi menerima penjelasan proses belajar mengajar dari UMP
  3. Dekan dan prodi mengunjungi sarana dan prasarana pendukung proses belajar mengajar dan laboratorium UMP
 
Kampus I, Jalan Ringroad Utara, Jombor, Sleman 55285 | Kampus II, Jalan Glagahsari No.63 Umbulharjo, Yogyakarta 55164 | Kampus III, Jalan Prof. Dr. Soepomo, S.H. No.21 Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55165
Copyright © 2013 Universitas Teknologi Yogyakarta · RSS · Designed by UTY ICT CENTER