SISTEM KOMPUTER UTY AKAN ADAKAN STUDENT EXCHANGE DENGAN UNIVERSITAS MALAYSIA PAHANG

Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) bertindak sigap menindaklanjuti MoU dengan Universitas Malaysia Pahang (UMP) dengan mengirimkan ketua-ketua program studi  (prodi) ke UMP, guna merealisasikan Memorandum of Understanding (MoU) di tingkat program studi. Rombongan diterima di UMP Kampus Gambang oleh Naib Canselor Prof. Dato Dr. Daing Mohd Nasir bin Baing Ibrahim beserta jajaran rektorat dan dekan-dekan dari semua fakultas. Diskusi digelar dengan rektorat dan dengan fakultas dan program studi yang sejenis menghasilkan kesepakatan kerjasama yang nyata seperti: pertukaran pelajar (student exchange), penelitian bersama, publikasi bersama, presentasi karya mahasiswa bersama, dan studi lanjut program master dan doktor.

Sistem Komputer UTY bersama prodi-prodi komputer lainnya telah berhasil mencapai kata sepakat dengan Fakulti Sistem Komputer & Kejuruan Perisian (Faculty of Computer System and Networking) , antara lain akan diadakan student exchange mulai semester ganjil T.A. 2013/2014 dari UTY ke UMP dan sebaliknya selama 1 semester. Mahasiswa terpilih dari UTY akan mengikuti perkuliahan di UMP selama 1 semester, begitu juga dengan mahasiswa terpilih dari UMP akan mengikuti perkuliahan di UTY selama 1 semester. Nilai kuliah akan dapat dikonversi ke kurikulum masing-masing. “Student exchange akan membuat mahasiswa memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih karena masing-masing universitas memiliki kelebihan tersendiri, terutama keragaman kurikulum dan kelengkapan peralatannya.” menurut Arif Pramudwiatmoko, M.Eng., selaku ketua prodi Sistem Komputer UTY.

UTY juga mendapatkan undangan mengirimkan mahasiswa untuk mempresentasikan proyek tugas akhir atau kerja praktik dihadapan para dosen UMP dan kemudian dilanjutkan dihadapan perwakilan industri, bersama dengan mahasiswa-mahasiswa UMP. Ini adalah kegiatan rutin di UMP yang diperlombakan antarmahasiswa peserta. Hadiah sekedarnya akan diberikan kepada pemenang, sebagai wujud apresiasi akademisi dan industri terhadap karya mahasiswa. Rencananya kegiatan ini akan diadakan pada tanggal 28 – 30 Mei 2013 di UMP Kampus Gambang.

Selepas dari Kampus Kuantan, rombongan melanjutkan kunjungan ke UMP Kampus Pekan, di mana terdapat berbagai laboratorium yang digunakan dalam perkuliahan. Berbagai peralatan berbeda dengan di UTY ditemui dan dapat digunakan sebagai pelengkap pengalaman dan ilmu yang akan didapatkan mahasiswa student exchange. Selain itu muncul ide-ide penelitian yang dapat digunakan untuk penelitian bersama UTY dan UMP atau digunakan untuk penelitian studi lanjut.

Kunjungan UTY ke UMP ini adalah wujud nyata pelaksanaan MoU sehingga kerjasama ini adalah nyata, bukan hanya omong kosong belaka. Di kemudian hari akan lebih ditingkatkan lagi kerjasama UTY dengan perguruan-perguruan tinggi di luar negeri, baik dengan UMP, perguruan tinggi lain di Malaysia, Kroasia, maupun negara-negara lainnya.