Gabungkan Technopreneur dengan NLP

 

Teknologi internet berkembang sangat pesat dalam dekade terakhir ini seiring dengan perkembangan teknologi pada gadget-gadget yang harganya semakin murah dan fungsinya semakin besar. Teknologi informasi kini dapat dikatakan telah merajai dunia. Jika dahulu handphone hanya memiliki fungsi untuk telephone ataupun SMS, kini dari gadget yang kecil itu, orang bisa memanfaatkannya sebagai kamera, music player, radio, media browsing internet , chat ( line , whatsapp , BBM , wechat , kakao talk ).

Banyak orang yang tidak menyadari pesatnya perkembangan teknologi informasi ini, dan banyak juga orang yang justru menjadi konsumen dari produk-produk teknologi terbaru yang mengalir semakin deras membanjiri pasar konsumen kaum muda yang cenderung konsumtif untuk mengikuti lifestyle modern.

Menyadari bahwa perkembangan teknologi dapat menjadi peluang bisnis bagi mereka yang menguasai teknologi dan memiliki jiwa entrepreneurship, maka Program Studi Sistem Komputer Universitas Teknologi Yogyakarta Sabtu tanggal 14 Desember 2013 menyelenggarakan seminarTechnopreneurship’ untuk menangkap peluang-peluang dalam bisnis memanfaatkan teknologi,  sekaligus memunculkan calon-calon entrepreneur yang memanfaatkan teknologi dalam mendukung bisnis (technopreneur). Seminar tersebut menghadirkan pembicara Dominikus Yudiarta seorang praktisi / Entrepreneur, dan Iman Sumarlan.Cht,Cnlp. Seorang motivator dan praktisi Neuro Linguistik Programming (NLP).    

Lilik Suryani selaku Ketua Panitia Seminar menyampaikan bahwa seminar tersebut merupakan seminar dengan konsep baru, yaitu memadukan konsep bisnis, teknologi dan NLP.  Dari seminar tersebut diharapkan para peserta yang terdiri dari mahasiswa UTY dan umum, dapat mengoptimalkan berbagai potensi perkembangan teknologi yang ada sebagai basis pengembangan usaha modern yang berbasis pada teknologi dalam menjalankan usahanya. Di sesi 2 para peserta seminar ditanamkan keyakinan akan hal-hal yang baik dalam seminar tersebut, yaitu menjadi entrepreneur, oleh pakar NLP. Dipilihnya seminar technopreneur tersebut menurut Lilik karena telah banyak orang sukses dari pengaplikasian konsep Technopreneurship, misalnya penciptaan software open source yang kita kenal saat ini dengan nama linux, dan forum online KASKUS. Di tingkat dunia Bill Gates yang mengawali keberhasilannya dengan OS Windows miliknya.

 Dalam kesempatan itu Dominikus Yudiarta menyampaikan pengalaman dan strategi strateginya dalam menjalani berbagai bisnisnya, termasuk pemanfataannya teknologinya, sampai dengan pada bisnis propertinya di berbagai kota. Ia memotivasi para mahasiswa untuk dapat menjadi wirausaha yang memberikan banyak peluang untuk sukses. Apalagi para mahasiswa yang menguasai teknologi informasi yang menjadi trend bisnis maka kini dan mendatang. Banyak contoh orang sukses baik dittingkat nasional maupun internasional dengan menggeluti dunia bisnis.

Para mahasiswa yang mengikuti seminar tersebut merasa semakin mantap untuk memasuki dunia usaha dengan memanfaatkan teknologi, karena pada konsep technopreneur menawarkan banyak kelebihan, antara lain, kemudahan komunikasi bagi konsumen dan pelaku bisnis sendiri, transaksi jual beli jauh lebih mudah dan cepat, jam kerja pelaku bisnis yang tidak terikat seperti layaknya pegawai, hemat tenaga dan pastinya hemat biaya. Dan jika di perhatikan, semua kelebihan ini mampu memberikan banyak keuntungan bagi para pelakunya (Technopreneur). Kemantapan mahasiswa untuk menjadi entrepreneur semakin lengkap dengan adanya hadirnya motivator yang menguasai Neuro linguistik programmaing. Sehingga kesadaran yang baik untuk menjadi entrepreneur dapat menancap secara mendalam dan bisa menjadi jiwa, sebagai bekal keyakinan untuk memamsuki dunia nyata khususnya nanti setelah lulus.

Keterangan Gambar :

 1. Dominikus Yudhiarta sedang berbagi pengalaman dan strategi dalam dunia praktis di bidang bisnis.

2. Iman Sumarlan.Cht,Cnlp. sedang memotivasi dan meyakinkan mahasiswa UTY.