Rumusan Keunggulan dan Strategi Penyusunan SAP FIB menuju UTY Unggul

Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) mencanangkan sebagai Universitas Unggul di Asia Tenggara pada tahun 2018. Guna mendukung Visi UTY, Prodi Sastra Inggris mengadakan sosialisasi butir-butir keunggulan Prodi Sastra Inggris pada acara Rapat Koordinasi Pengajar UTY di Hotel Sahid Rich Hotel. Dalam kesempatan tersebut, .  Dr. R. J. Radjaban sebagai kaprodi Sastra Inggris FIB UTY menyampaikan bahwa keunggulan Prodi Sastra Inggris FIB UTY adalah pada konten Industri dan Bisnis yang memberi tambahan kapasitas kepada lulusan. Konten Industri dan Bisnis ini termuat dalam Satuan Acara Perkuliahan (SAP) untuk setiap Matakuliah dalam Kurikulum. Dalam kesempatan itu, Rajaban kembali menekankan perlunya memasukkan muatan Industri dan Bisnis pada SAP pada masing-masing MK yang diampu oleh para Tenaga Pengajar.

Disamping keunggulan konten Industri dan Bisnis, keunggulan lain yang dikoordinasikan agar termuat dalam SAP adalah keunggulan softskills. Prodi Sastra Inggris FIB-UTY menekankan pentingnya mendesain SAP yang memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam rangka membentuk lulusan yang memiliki 5 softskills sebagai unggulan. Setiap lulusan harapannya terkondisi menjadi lulusan yang: 1. analitis, 2. berpikir sistematis, 3. kreatif,  4. memiliki kemampuan interpersonal, dan 5. intrapersonal tinggi. Dalam mendesain SAP, setiap Tenaga Pengajar diharapkan mampu memasukkan ke-5 softskills dimaksud ke dalam setiap kegiatan PBM yang direncanakan. Rumusan Tujuan dalam SAP dapat menjadi garis besar pembentukan ke-5 softskills yang dicanangkan. Untuk membentuk lulusan yang analistis, tujuan dalam SAP dapat dirumuskan menggunakan kata kerja seperti mengidentifikasi, mendaftar, merumuskan. Pembentukan lulusan yang berpikir sistematis dapat menggunakan rumusan tujuan yang tercermin dalam kata kerja seperti menyajikan, mendeskripsikan, mengungkapkan, menyampaikan, mempresentasikan.

Ciri profil lulusan yang kreatif dapat dibentuk lewat kegiatan PBM dengan rumusan tujuan dalam SAP yang memuat kata kerja seperti menemukan, membuat, menghasilkan, menciptakan, merumuskan. Adapun untuk membentuk lulusan yang memiliki kemampuan interpersonal dan intrapersonal, Radjaban menyampaikan bahwa peran Dosen dalam memosisikan diri menjadi penentu dalam membentuk karakter unggul lulusan yang memiliki softskills interpersonal dan intrapersonal yang tinggi. Ketika dalam mendesain SAP Dosen memosisikan diri sebagai fasilitator, motivator, model, inspirator, konselor, dan evaluator semenetara mahasiswa berperan lebih sebagai eksekutor, subyek belajar, dan role-player maka kegiatan yang tertuang dalam SAP akan berdampak pada pembentukan karakter lulusan yang memiliki kapasitas interpersonal yaitu memiliki empati, sabar dan berbela rasa, serta memiliki kapasitas intrapersonal, yaitu berintegritas, jujur, disiplin dan bertanggungjawab. Dari dua elemen keunggulan inilah nantinya diharapkan lulusan Prodi Sastra Inggris FIB UTY akan memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh lulusan dari PT lain.

Keterangan Gambar :

1. Pertemuan Dosen Prodi Bahasa Inggris (D3) dan Sastra Inggris (S1)

2. Dr. Radjaban, M Hum, Kaprodi Sastra Inggris sedang memberikan arahan didampingi Dr. Tatit H. M. Hum, dan Novia russilawati, S.S, M.Hum.