Workshop Sistem Komputer :“Inside The Cyber World”

Bagai pisau bermata dua, di satu sisi pesatnya kemajuan teknologi dan mudah serta murahnya memperoleh teknologi tersebut telah mempermudah akses ke internet bagi setiap orang, yang kemudian memudahkan komunikasi dan penyebaran informasi ke .  Hal ini dapat menguntungkan banyak pihak terutama kalangan bisnis. Kini berbagai model bisnis baru bermunculan yang berbasis internet. Begitu juga pola pengelolaan manajemen bisnis perusahaan terutama yang berkaitan dengan cara  berkomunikasi dengan customer juga telah berubah scara sangat drastis dalam beberapa tahun terakhir ini karena penggunaan media internet tersebut.
Namun demikian dari begitu banyaknya aspek positif karena berkembang pesatnya internet tersebut ada sisi lain yaitu munculnya pihak-pihak yang ingin mendapatkan keuntungan untuk dirinya sendiri dengan cara yang  merugikan pihak lain, yang biasa disebut cyber crime atau kejahatan dunia maya.  Sehubungan dengan maraknya kejahatan dunia maya tersebut bebebrapa hari lalu Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer (HIMASIKOM) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) menyelenggarakan workshop bertajuk ‘Inside the Cyber World’. Alvin selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa workshop di Kampus 1 UTY yang  diisi oleh team dari Indonesian Fighter Cyber (IFC) tersebut diikuti oleh 150 peserta yang berasal dari berbagai kalangan.
Dalam kesempatan tersebut para pemateri dari Team Indonesian Fighter Cyber (IFC) yang terdiri dari Jordan Andrean dan Tomomi Kosim secara detail membagi Ilmun pengentahuannya tentang cyber crime serta teknis, dan bagaimana mengamankan akses pada dunia maya (internet) yang memang sangat rentan akan kejahatan.
Alvin menjelaskan bahwa workshop tersebut dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan teknologi dunia maya (cyber space),  agar para peserta dapat memanfaatkannya secara optimal, dan dapat menanggulangi atau menghindari dari kejahatan dunia maya. Menurutnya cyber crime tersebut memang perlu dipelajari, hanya saja bukan untuk disalahgunakan untuk merugikan pihak tertentu tetapi untuk menjaga keamanan akses kita di dunia maya.
Para peserta yng mengikuti acara tersebut mengungkapkan bahwa mereka mendapatkan banyak pelajaran tentang ha-hal uang dilakukan oleh para pelaku kejahatan dunia maya, dan bagaimana cara efektif untuk mengamankan akses yang dimiliki agar tidak diganggu oleh kejahatan dunia maya.

Keterangan Gambar :

1. Suasana Workshop  Cyber Crime di Kampus 1 UTY

2. Para Peserta yang mendapatkan Doorprize

3. Pemateri Workshop sedang presentasi d