Bincang Bisnis FITB ‘ Managerial Competencies’

Guna memberikan bekal aplikasi bisnis kepada mahasiswa dan menajamkan teori sesuai dengan perkembangan bisnis terkini, secara rutin Fakultas Bisnis dan Teknologi Informasi (F-ITB) Universitas Teknologi Yogyakarta  (UTY) menghadirkan praktisi bisnis untuk melakukan sharing dengan mahasiswa dan dosen-dosen UTY. Sebagai latihan dalam pengelolaan kegiatan organisasi, maka banyak acara menghadirkan praktisi ditangani langsung oleh  mahasiswa. Salah satunya adalah yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen UTY pada hari Sabtu tanggal 22 Maret 2014 lalu di Kampus 2 UTY Jl. Glagahsari Yogyakarta.  
Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Bincang Bisnis kali ini bertajuk  ‘Managerial Competencies to Achieve Career Challenge and Opportunity’   dengan menghadirkan Firman Octoraya, yang kini menjabat sebagai Compensation and Benefit Manager PT SARI HUSADA Yogyakarta dan  Nanggala Saputra (Analisis Credit Account and Marketing di Bank BPD DIY).   
Supriadi selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa dipilihnya tema tersebtut dimaksudkan untuk menambah wawasan  dan kompetensi mahasiswa dalam kemampuan manajerial sebagai bekal berkarier dan memperebutkan peluang kerja setelah lulus nanti.  Sedangkan dihadirkannya alumni jurusan manajemen sebagai pembicaranya, dimaksudkan untuk lebih memotivasi mahasiswa , yakni dengan melihat  kakak-kakak kelasnya (alumni Jurusan  Manajemen UTY)  banyak yang sukses berkarier sebagai profesional.  
Dalam paparannya Octoraya menyampaikan berbagai hal yang ia tangani sebagai seorang Manajer di PT Sari Husada Yogyakarta yang merupakan produsen Susu SGM, termasuk perjalanan kariernya di PT Sari Husada mulai dari C&B Analist, Learning & Development Officer, Learning & Development Manager hingga kini sebagai Compensation and Benefit Manager. Menurutnya berbekal ilmu-ilmu yang diperoleh di bangku kuliah ia terus belajar dalam menjalankan tugasnya sebagai manajer hingga saat ini. Ia menandaskan bahwa proses belajar harus berjalan terus dan jangan pernah terputus.  Selain itu ia menyampaikan kunci keberhasilannya dalam meniti karier berasal dari kemampuan seseorang dalam berkomunikasi, kemauan untuk bekerja keras dan kemampuan pengetahuan dan kemampuan mengaplikasikan dalam bidang manajerial. Untuk itu ia mengajak para mahasiswa untuk terus meningkatkan kemampuan komunikasi. Dengan komunikasi yang baik maka seseorang dapat dipercaya oleh orang baik atasan, bawahan atau kolega. Di era globalisasi ini kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris menjadi semakin penting. Dari sisi kemauan, Octoraya mengajak para mahasiswa Jurusan Manajemen UTY untuk meningkatkan motivasi dan  berwawasan jauh ke depan. Berpikiran positif akan memberikan energi positif untuk meraih sukses di masa depan, ungkapnya. Sedangkan dari sisi kemampuan pengetahuan dan aplikasi bisnis, ia mengajak para mahasiswa untuk terus belajar tidak hanya dari teori yang disampaikan dosen di kelas / textbook, akan tetapi juga belajar dari perkembangan terkini proses bisnis dan pengelolaannya. Sedangkan Nanggala Saputra menyampaikan bahwa kunci keberhasilan dengan motivasi diri sendiri karena motivasi apapun dari orang lain tidak selamanya dapat memotivasi diri sendiri. Selain itu, pintar-pintar menempatkan diri untuk mudah mendapat relasi.
Sementara itu Dr. Tri Gunarsih selaku Dekan Fakultas Bisnis dan Teknogi Informasi UTY menyampaikan apresiasi terhadap acara tersebut. Ia menyampaikan bahwa dalam manajemen tak akan lepas dengan kemampuan untuk mengendalikan orang banyak. Untuk itu ia mengajak para mahasiswa untuk terus meningkatkan kemampuan mengendalikan orang lain, dengan cara terus berlatih berusaha mengendalikan diri untuk berbuat baik, dan bisa menjadi tauladan bagi yang lain. Ia yakin orang akan sulit mengendalikan orang lain jika belum mampu mengendalikan diri sendiri. Sehingga jika para mahasiswa saat ini melihat Octoraya dan Nanggala yang masih berusia muda dapat sukses menjadi salah satu manajer di perusahaan yang bonafit tersebut, ia yakin bahwa mereka juga sukses dalam mengendalikan diri sendiri dan mampu menjadi tauladan bagi yang lain, tambah Tri Gunarsih seraya mengajak para mahasiswa untuk bisa mencontoh kesuksesan para pembicara dalam Bincang Bisnis tersebut.

Keterangan gambar :

 1. Para pembicara sedang menyampaikan paparannya

2. Seratus Dua Puluh  UTY mahasiswa mengikuti acara Bincang Bisnis dengan penuh antusias

3. Firman Octoraya sedang menyampaikan paparannya.