Ke BALI CAMP – Pelajari Pengembangan Software Keuangan

Masalah keuangan merupakan hal yang sangat penting untuk dikelola secara baik. Saat ini perusahaan-perusahaan seakan berlomba untuk meningkatkan kemudahan dan keamanan pengelolaan keuangan menggunakan teknologi informasi. Sehingga kurikulum pada Prodi Sistem Informasi Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) juga berupaya memahami kebutuhan pasar, yakni dengan mengkonsentrasikan pada pemanfaatan teknologi informasi dan pengembangan software untuk menunjang kegiatan di bidang keuangan, ungkap Drs. Damar Prasetyo, M.Kom, Kaprodi Sistem informasi UTY. Untuk itu para mahasiswa diberikan bekal /materi untuk bisa mengkaji, mengembangkan dan menerapkan rekayasa sistem informasi yang nantinya dapat diaplikasikan dalam bidang keuangan perusahaan, dengan cara mempelajari dasar-dasar teorinya serta melengkapi dengan pengetahuan praktik di lapangan, ungkap Damar Prasetyo.

Dalam rangka mengenalkan dan mengkaji pengembangan software yang diaplikasisikan di bidang keuangan perusahaan, pada tanggal 16 sampai dengan 19 Februari 2014 lalu mahasiswa Program Studi Sistem Informasi UTY mengadakan studi lapangan ke BALI CAMP / PT. Telkom Sigma Bali. Dipilihnya perusahaan tersebut untuk studi lapangan mahasiswa, karena PT Telkom Sigma Bali merupakan perusahaan penyedia layanan pendukung bisnis berbasis teknologi informasi dan komunikasi terdepan yang sudah berkiprah lebih dari 20 tahun di Indonesia, dengan produk software-software di bidang keuangan yang sudah dipakai oleh banyak perusahaan termasuk di berbagai bank terkemuka di Indonesia, ungkap Damar Prasetyo. 

Di perusahaan tersebut para mahasiswa UTY yang sudah dibekali berbagai materi perkuliahan diantaranya  Rekayasa Perangkat Lunak, Komputer Jaringan, Pemrograman, dan manajemen keuangan dengan seksama mengikuti berbagai hal yang berkaitan dengan pengembangan software di bidang keuangan, termasuk analisa kebutuhan masing-masing perusahaan yang berbeda-beda. Melihat antusiasme para mahasiswa UTY dalam menyimak hal-hal penting yang disampaikan terkait dengan pengembangan software, maka dalam kesepatan itu juga pihak PT Telkom Sigma memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk bisa magang di perusahaan tersebut selama 3 bulan, serta menawarkan kepada para mahasiswa Sistem Informasi UTY untuk bisa ikut seleksi untuk bergabung di PT Telkom Sigma jika sudah lulus nanti.

Setelah belajar pengembangan softwar di PT Telkom Sigma, para mahasiswa UTY belajar ke LIPI Bali mengunjungi Kebun Raya LIPI Bali. Di tempat tersebut para mahasiswa UTY diberikan gambaran bagaimana LIPI bali mengembangkan rogram-programnya. Para mahasiswa UTY diberi kesempatan apabila akan Tugas akhir dengan objek di LIPI Bali dengan tema pola pengembangan landscape dengan aplikasi teknologi informasi, atau pengembangan aplikasi-aplikasi teknologi informasi untuk deteksi di bidang Botani. Selanjutnya rombongan mahasiswa Sistem Informasi UTY mengadakan kunjungan studi banding dan sharing ke Program Studi Sistem Informasi Fakultas MIPA – Universitas Udayana Bali.

Keterangan Gambar :

  1. Rombongan UTY diterima di ruang pertemuan Bali Camp
  2. Penjelasan dari salah seorang petugas PT. Telkom Sigma Bali
  3. Menerima penjelasan dari petugas di Kebun Raya LIPI