Gelar Bulan Bahasa, FIB UTY Dorong Mahasiswa Berekspresi

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) kembali menggelar kompetisi untuk mendorong mahasiswa UTY berekspresi dalam bidang bahasa.  Kompetisi yang dikemas dalam Bulan Bahasa tersebut melombakan tiga cabang  yakni book review (resesnsi buku) , speech contest (pidato berbahsa Inggris), dan lomba majalah dinding. Dr. Eko Setyo Humanika, M.Hum Dekan FIB UTY menyampaikan bahwa peringatan Bulan Bahasa merupakan salah satu agenda dalam Calendar of Events FIB UTY setiap tahunnya, dengan kegiatan, lomba serta tema yang bervariasi.

Acara bulan bahasa tahun ini yang diselenggarakan akhir bulan oktober 2014 tersebut mendapat sambutan yang meriah dari mahasiswa UTY. Berbagai kemeriahan mewarnai acara yang diorganisir oleh Prodi Bahasa Inggris tersebut. Selain lomba, pada acara tersebut juga diselenggarakan  pentas seni mahasiswa dengan nuansa yang mengedepankan  aspek budaya dan bahasa.

Dalam lomba book review, peserta diwajibkan membuat resensi buku-buku karya dosen UTY yang telah dipublikasikan secara nasional. Aspek penilaian meliputi pemahaman isi buku, kualitas analisis, pemikiran kritis/ saran dan penggunaan bahasa.  Berhasil keluar sebagai pemenang pertama adalah Imam Fakhrudin dari prodi Tenik Industri, pemenang kedua Irfan Suryana dari prodi Sastra Inggris, dan pemenang ketiga Anis Lutfiyana dari prodi Teknik Arsitektur.

Animo peserta untuk mengikuti lomba Pidato dalam Bahasa Inggris sangat sangat tinggi. Sehingga persaingan peserta menjadi sangat ketat.  Masing-masing peserta tampil untuk menyampaikan wawasannya tentang  “Achieving Life Skills for A Better Future”. Setelah proses penjurian yang cukup sulit meliputi content (isi), language accuracy (ketepatan grammar, pronunciation dan pemilihan kata), fluency serta accent, juri menetapkan Dwi Susilowati dari prodi Sastra Inggris sebagai pemenang pertama.  Menyusul di peringkat kedua dan ketiga adalah Muhammad Surono dari prodi S1 Akuntansi dan Revi Tira Oktavianto dari prodi Sastra Inggris.

Sedangkan lomba yang melibatkan kerjasama team / kelompok  adalah lomba Majalah Dinding.  Lomba inipun mendapat sambutan sangat antusias oleh mahasiswa.  Peserta berlomba-lomba memamerkan kreativitasnya.  Kriteria yang harus dipenuhi oleh setiap karya adalah isi yakni kesesuaian dengan tema lomba “Memupuk Semangat nasionalisme”, aktualitas, dan kemanfaatan.  Dalam lomba tersebut juga dinilai bagaimana penyampaiannya (media yang digunakan), bahasa, efektivitas, kreativitas, dan kerapihan.  Terpilih sebagai karya terbaik adalah karya kelas Sastra Inggris 2012 A, dan karya terbaik kedua dan ketiga masing-masing dari D3 Bahasa Jepang 2012 dan Sastra Inggris 2012 B.