Pendidikan Dasar dan Menengah KOPMA FITB 2014

Berbagai prestasi baik tingkat DIY maupun nasional telah diraih oleh Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Fakultas Bisnis dan Teknologi Informasi (FITB) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY). Dalam operasional sehari-hari KOPMA FITB UTY mengelola sebuah toko serba ada di kampus 2 UTY Jl. Glagahsari Yogyakarta.  “Hal yang membanggakan adalah terus meningkatnya prestasi mahasiswa dan usaha bisnis yang dikelola KOPMA FITB, serta animo mahasiswa FITB untuk menjadi anggota dan aktif berkegiatan di KOPMA FITB. Besarnya animo tersebut diantaranya  ditunjikkan dengan keikutsertaan hampir seratus mahasiswa yang berasal dari Kampus 1, Kampus 2 dan Kampus 3 UTY, pada Program Pendidikan Dasar (PRODIKA) II tahun 2014 yang diselenggarakan tanggal 18-19 oktober 2014. Dalam waktu yang bersamaan juga diselenggarakan Pendidikan Menengah yang diikuti oleh anggota yang telah lulus Prodika sebelumnya dan telah aktif di KOPMA.” ungkap Dra. Lilis Endang Wijayanti, M.Si, Akt, CA Kaprodi Akuntansi UTY yang juga pembina KOPMA FITB.

Dalam kata sambutan saat pemberangkatan peserta Prodika II ke Kaliurang, Lilis Endang menyampaikan kebanggaannya atas  keberhasilan dan peran  KOPMA FITB UTY dalam membangun karakter mahasiswa berjiwa wirausaha, serta kesuksesan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa praktik / terjun langsung merasakan mengelola bisnis.

Afdi Surya Darma, Ketua Umum KOPMA FITB UTY periode 2014-2015 menyampaikan bahwa kegiatan Prodika ini merupakan kegiatan yang special, karena dalam sejarah perkoperasian Indonesia sangat jarang yang dapat menyelenggarakan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah dalam satu waktu sekaligus.  Selain bertujuan untuk menumbuhkan semangat wirausaha yang berlandaskan pada prinsip-prinsip Koperasi,  kegiatan Prodika tersebut juga bertujuan untuk  mempersiapkan mahasiswa UTY dalam menghadapi Acean Economic Community 2015 mendatang.  “Dalam Prodika kali ini kami mengundang trainer-trainer handal untuk membawakan materi–materi training diantaranya Pengenalan UU no.25 Tahun 1992 tentang perkoperasian yang disampaikan oleh perwakilan dari DISPERINDAGKOP (Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Koperasi), perkenalan HKMY (Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta) perkenalan FKKMI (Forum Komunikasi Koperasi Indonesia), Motivation Training, Simulasi Marketing Product, Outbond, Kewirausahaan, Manajemen Koperasi, Keuangan Koperasi dan kegiatan-kegiatan lainnya”,  tutur Afdi.

Keterangan Gambar

1. Simulasi Marketing

2. Olahraga dilanjutkan Outbond