Alumni Sukses, Tingkatkan Keyakinan, Motivasi dan Inspirasi

Mahasiswa perlu contoh kongkret untuk meningkatkan keyakinan, motivasi dan inspirasi kesuksesan masa depan, dari alumni yang sukses, kata Dra. Lilis Endang Wijayanti, M.Si, Akt., CA Kaprodi Akuntansi Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY). Dengan alasan itu Prodi D3 Akuntansi UTY menghadirkan Yanti Sutinah, SE. Alumni D3 Akuntansi UTY yang saat ini sukses berkarier sebagai Sekretaris Direktur Bank Indonesia Yagyakarta, untuk memberikan motivasi dan seminar bertajuk ‘Prospek Akuntan di Dunia Perbankan’ kepada mahasiswa baru D3 Akuntansi  UTY.  Acara yang diikuti oleh 100 mahasiswa tersebut dilaksanakan di Villa Taman Eden Kaliurang Yogyakarta tanggal 23 Nopember 2014.

Dalam kesempatan itu Yanti Sutinah menyampaikan bahwa kesempatan berkarier di perbankan terbuka luas. Ia menjelaskan kiat-kiat untuk dapat menembus barikade seleksi di Bank Indonesia dan bank umum lainnya, yang minimal terdiri dari 4 tahapan seleksi yaitu seleksi administratif, seleksi potensi akademik, seleksi psikologis dan wawancara. Dalam psikotest, diantaranya dinilai ketahanan kerja, sehingga ia menyarankan agar bisa menunjukkan diri sebagai orang-orang yang memiliki ketahanan tinggi dalam bekerja. Dalam test wawancara seseorang akan dinilai bagaimana sikap, sopan-santun, kepribadian, dan cara pandang. Untuk itu ia menyarankan untuk terus berlatih berkomunikasi dengan banyak orang diantaranya dengan ikut organisasi atau kegiatan. Selain itu juga terus berlatih untuk selalu berpikiran positif dan solutif.

Yanti Sutinah yang sudah menduduki beberapa posisi di Bank Indonesia Yogyakarta juga menjelaskan jenjang karir di  dunia perbankan, berikut pekerjaan yang harus dilakukan di setiap jenjang. Menurutnya untuk mencapai posisi yang tinggi, syarat utamanya adalah terus belajar, ikhlas menjalani pekerjaan, dan memiliki loyalitas tinggi. Disamping itu Yanti juga berpesan untuk tidak berpuas diri dengan hanya lulus D3 akuntansi, tetapi sedapat mungkin bisa melanjutkan ke jenjang S1, dan bahkan ke jenjang s2 dan S3, meskipun harus dilakukan sambil bekerja, sebagaimana yang ia jalani dalam menempuh S1. 

Di akhir paparannya Yanti Sutinah menyampaikan kesempatan kepada para mahasiswa UTY untuk dapat magang di Bank Indonesia Yogyakarta. Ia akan senantiasa membantu para mahasiswa UTY jika hendak melakukan magang di Bank Indonesia Yogyakarta. Sebagai wujud kebanggaannya dengan almamater, iapun menawarkan diri untuk bisa secara rutin memberikan kuliah umum di UTY dengan tema-tema yang berkaitan operasional perbankan atau aturan-aturan yang berlaku, misalnya masalah kliring, pengawasan bank, dan sebagainya ungkap Yanti Sutinah. 

Keterangan Foto : Yanti Sutinah sedang memotivasi adik-adik kelasnya di D3 Akuntansi UTY