Mahasiswa Student Exchange UTY, Rancang Robot Detektor Penyumbatan Pipa

Penyumbatan atau penyempitan pada pipa air karena adanya penumpukan tanah, sampah atau karena lumut sangat mengganggu, yakni berkurangnya debit air yang dialirkan. Solusi untuk melancarkan debit aliran air dalam pipa tersebut adalah dilakukan pembongkaran pipa.  Namun yang menjadi masalah besar adalah menentukan dimana letak sumbatan tersebut, karena pipa air itu berada di dalam tanah dengan panjang sampai puluhan bahkan ratusan kilometer.

Melihat permasalahan penyempitan pipa tersebut khususnya pada pipa milik PDAM, Heri Gunawan mahasiswa Teknik Industri Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) angkatan 2011 yang saat ini sedang studi di Universiti Malaysia Pahang dalam program student exchange tengah melakukan riset tentang Pipe Robotics. Dengan mereview penelitian-penelian sebelumnya dan belajar dari literatur-literatur Heri Gunawan merancang robot yang dapat mendeteksi secara akurat dimana letak terjadinya penyumbatan. Heri menyampaikan bahwa ia tidak bisa membayangkan betapa repotnya jika petugas pembongkaran harus membongkar pipa yang berada satu atau dua meter dalam tanah dengan cara coba-coba atau trial and error untuk mencari titik lokasi dimana terjadinya penyumbatan. Cara itu jelas tidak efektif dan efisien, kata Heri Gunawan.

Segala fasilitas dan sumber daya dosen pembimbing yang ia dapatkan di Universitas Malaysia Pahang, ia manfaatkan semaksimal mungkin untuk bisa merealisasikan desain Pipe Robotics tersebut. Ferida Yuamita, ST, M.Si. Kaprodi Teknik Industri UTY yang sekaligus sebagai dosen pembimbingnya menyampaikan bahwa rancangan Pipe Robotics tersebut telah mulai dirancang sejak sebelum berangkat belajar ke Malaysia. Ferida sangat berharap hasil riset tersebut nantinya dapat dipatenkan.

Heri Gunawan menjelaskan bahwa Robot yang dirancang berbentuk kepiting, dengan 4  Roda penopang yakni 2 di bagian atas dan 2 di bagian bawah. Alat Gerak dari 4 roda menggunakan sistem hidraulis dan lengan capit.  Sistem gerak dirancang mencapai 5 sampai 6 pergerakan siku. Sumber tenaga menggunakan 2 tipe motor yaitu tipe listrik dan hidraulis. Robot tersebut menggunakan bahan/material Stainles Steel, Baja Ringan, Kaca, polimer, dan Keramik. Sedangkan sensor menggunakan sensor optik, visi, potensiometer, dan denkoter optik.

Heri Gunawan menyampaikan terima kasihnya kepada UTY yang telah memberi kesempatan belajar di luar negeri. Ia mewujudkan terima kasihnya dengan bersungguh-sungguh berupaya menghasilkan karya nyata, salahsatunya  berupa rancangan robot tersebut. Ia juga sangat berharap penelitian tersebut dapat berhasil dengan baik dan nantinya dapat memberi manfaat riil bagi masyarakat luas.

Keterangan gambar : Robot karya Heri Gunawan