Hadirkan Praktisi BK, Mantapkan Wawasan Empirik Konseling ke Siswa

Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Univesitas Teknologi Yogyakarta (UTY) berkomitmen tinggi untuk dapat menghasilkan lulusan yang menjiwai profesi konselor maupun pendidik. Adapun wujud dari komitmen tersebut diantaranya memberikan materi perkuliahan yang inovatif, efektif, dan praktis. Serta secara rutin menyelenggarakan kuliah umum / sharing dari praktisi. Salahsatunya adalah kuliah umum / sharing praktisi dari Dedy Setyawan, M.Pd, Guru BK SMA Negeri 2 Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain sebagai Koordinator Guru BK Kabupaten Bantul, dalam usianya yang relatif muda Dedy Setyawan sangat disegani oleh para murid-muridnya. 

Dalam kata sambutannya Dekan Fakultas Pendidikan UTY Dr. Mustaqim Pabbajah, MA menyampaikan “Pemberian materi oleh praktisi merupakan sesuatu yang sangat diperlukan agar mahasiswa mampu menguasai konsep secara teoritis sekaligus paham dengan kondisi riil di dunia kerja. Materi pengalaman terkini langsung dari Guru BK akan memantapkan wawasan empirik dalam memberikan konseling kepada siswa”.

Dalam kesempatan itu Dedi Setyawan menjelaskan aplikasi di lapangan terkait prinsip dasar atau konteks tugas layanan Bimbingan Konseling. Hal yang sangat menarik bagi para mahasiswa yang mengikuti kuliah umum tersebut adalah paparan sharing berbagai kisah serta pengalaman di lapangan dalam memberikan layanan BK yang prima kepada siswa-siswi SMA Negeri 2 Bantul. Banyak tantangan baru dalam konseling kepada siswa di era digital dan tingkat ekonomi yang lebih menjanjikan banyak kemudahan bagi siswa saat ini, ujar Dedi Setyawan.

Seluruh audience antusias dalam mengikuti jalannya kegiatan tersebut mengingat materi up to date yang disampaikan para praktisi akan merangsang para mahasiswa dalam mengkaji secara kreatif dan inovatif bagaimana penerapan teori-teori yang diperoleh di bangku kuliah.

Keterangan Gambar :

Dedy Setyawan, M.Pd memberi kuliah umum di UTY