Tantangan Inovasi Kincir Angin

Lima puluh mahasiswa semester 3 Prodi Teknik Elektro Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) yang mengambil mata kuliah Instalasi Listrik Dasar diberi tantangan untuk untuk membuat proyek berupa Inovasi Kincir Angin. Lima puluh  mahasiswa tersebut dibagi menjadi 5 kelompok dengan tugas  membuat prototipe kincir angin yang bisa diujicobakan secara langsung untuk membangkitkan tenaga listrik.

Selaku Kaprodi Teknik Elektro UTY Satyo Nuryadi, ST. M.Eng menyampaikan apresiasinya pada tantangan kepada mahasiswa tersebut yang dilandasi keinginan meng-create produk teknologi terapan untuk membuat kehidupan lebih sejahtera, lebih baik, dan lebih mudah. Ia menambahkan bahwa angin merupakan sumber energi terbarukan yang saat ini pemanfaatannya belum  optimal di Indonesia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki pantai yang sangat luas. Dan secara umum masyarakat pedesaan yang berada di pantai-pantai Indonesia masih dihadapkan pada minimnya sarana listrik. Angin yang melimpah di pantai, yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik terbarukan masih dibiarkan berlalu begitu saja, ungkap Satyo.

Widodo, SPd selaku dosen pengampu mata kuliah tersebut menyampaikan bahwa proyek membuat prototipe kincir angin diuji ketangguhannya melalui kreatifitas desain, rangkaian elektronik dan besaran  energi yang dihasilkan. Proses perencanaan hingga ujicoba menghabiskan waktu selama satu bulan. Dari lima kelompok tersebut, tim Kandang Jago dengan inovasi baling-baling kincir terdiri dari 2 paket, satu besar dan satu kecil, keluar sebagai juara. Kincir angin Tim Kandang Jago dirancang dapat berputar stabil  pada kecepatan angin tinggi ataupun rendah. Ide ini didasari kondisi angin yang kurang menentu. Selain itu, didasari keinginannya untuk menerapkan teknologi kincir angir di daerah yang anginnya rendah, misalnya di pegunungan yang juga masih banyak terkendala pasokan listriknya, ungkap Aan selaku koordinator tim Kandang Jago.

Di akhir presentasi inovasi proyek  kincir angin yang dilakukan tanggal 16 Desember 2014 tersebut, dilakukan launching Kincir Angin UTY oleh Satyo Nuryadi, M.Eng., selaku Kaprodi Teknik Elektro UTY. Satyo mengharapkan mahasiswa Teknik Elektro UTY bisa mengikuti ajang Kompetisi Kincir Angin Indonesia (KKAI) tahun 2015.

Keterangan gambar :

Launcing Kincir Angin di Kampus 1 UTY