Hadirkan Alumni Praktisi: Prodi Pendidikan Teknik Informatika Kupas Keamanan Sistem Informasi

Keamanan data dan informasi yang merupakan aset perusahaan menjadi semakin penting seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini. Tanpa keamanan yang baik, penggunaan teknologi informasi yang dimaksudkan untuk kemudahan dan keunggulan, justru akan menimbulkan masalah, ungkap Thomas Harrys Wibowo, alumni UTY yang kini menjadi Security Consulltant PT Q2 Technlogies Jakarta, dalam kuliah umum Prodi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) 29 Januari 2015  di Kampus 1 UTY.

Tingginya kesadaran perusahaan-perusahaan dalam mengelola keamanan informasi, tersebut menjadi peluang tersendiri bagi lulusan IT, ungkap Harrys yang dalam beberapa tahun terakhir ini telah berhasil dipercaya menjadi partner masalah keamanan informasi dan keamanan teknologi informasi oleh beberapa perusahaan perbankan, pemerintahan dan enterprise di tingkat nasional. Keamanan informasi tidak sekedar keamanan teknologi informasi. Konsep keamanan informasi dilakukan dengan mengimplementasikan berbagai alat kontrol diantaranya piranti lunak, kebijakan, prosedur dan struktur organisasi, kata Harrys.

Dalam paparannya Harrys menyampaikan bahwa kata kunci dari keamanan komputer adalah confidentiality/kerahasiaan yakni hanya dapat diakses oleh orang yang berwenang, integrity/integritas yakni data akurat dan tidak dapat diubah oleh orang yang tidak memiliki wewenang (authorized), dan availability/ ketersediaan yakni data akan tersedia saat dibutuhkan. Selain memberikan penjelasan secara detail tentang keamanan Harrys juga memberikan tip & trik untuk pertahanan seperti encripsi, software control, hardware control, policies, dan physical control.

Dalam kesempatan itu Dr. Mustaqiem Pabbajah, MA Dekan Fakultas Pendidikan UTY menyampaikan bahwa kuliah umum tersebut dimaksdukan untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan mahasiswa, khususnya dalam bidang keamanan sistem informasi. Menurutnya materi tersebut merupakan hal yang penting seiring meningkatnya harapan para pengelola bisnis terhadap manajemen informasi yang efektif sebagai keunggulan bisnis.

 

Keterangan gambar :

Thomas Harry Wibowo di Kampus 1 UTY