Dampak Psikologis Bencana Sering Terabaikan

Rehabilitasi terhadap dampak psikologis akibat bencana alam sering terabaikan, karena secara umum, kepedulian dalam hal rekonstruksi fisik bangunan, kesehatan, pendidikan, dan ekonomi lebih diutamakan. Dengan menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta, pada tanggal 11 Maret 2015 lalu Program Bimbingan Konseling Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) menyelenggarakan Kuliah Umum kebencanaan bertajuk “Cerdas dan Tangkas dalam Situasi Bencana”. Kuliah tersebut menjadi urgent karena  Indonesia termasuk daerah yang rawan berbagai bencana alam diantaranya berupa tanah longsor, gempa, banjir, erupsi gunung berapi, tsunami, dan lahar, ungkap Dr. Mustaqim Pabbajah, MA. Dekan Fakultas Pendidikan UTY.

Dalam paparan di hadapan lebih dari 150 mahasiswa UTY, Danang Syamsu Rizal Kasi Kedaruratan BPBD DIY menjelaskan bahwa mahasiswa dapat berperan besar saat situasi darurat bencana terjadi, dan pasca bencana. Menurutnya mahasiswa yang memiliki wawasan ilmu pengetahuan pada bidang yang ditekuninya sangat dibutuhkan di lapangan, termasuk bidang psikologi. Danang menyampaikan bahwa kuliah umum seperti ini penting bagi mahasiswa untuk bekal sejak awal mengenai pemahaman dan wawasan mengenai upaya pra-bencana, pertolongan saat bencana, dan pasca-bencana.  Secara rinci Danang menyampaikan gambaran tentang berbagai bencana yang telah terjadi, proses pertolongan dan rehabilitasi yang dibutuhkan.

Danang menandaskan betapa perlunya pelayanan konseling traumatis pada masa pasca bencana, untuk membantu memulihkan kondisi psikologis dan sosio emosional korban bencana agar dapat kembali memiliki kehidupan yang efektif. Dengan kondisi psikologis yang terganggu bisa jadi bantuan yang melimpah yang diberikan kepada para korban bencana menjadi kurang bermanfaat. Misalnya diberi modal tetapi tidak memicu keinginan berusaha, atau rumah diperbaiki tetapi tidak semangat menempatinya, serta diberi bantuan tetapi tidak menjadikan bahagia.

Keterangan Foto :

Danang Samsu Rizal di UTY