UTY Research Park Jalin Kerjasama Dengan Kampus Peraih Nobel Di Hungaria

Tanggal 18 Mei 2015 tim UTY melakukan serangkaian kerjasama untuk memperluas jaringan di wilayah Eropa Timur. Dr. Junaidi, M.Si selaku wakil dari UTY Research Park mengatakan bahwa rangkaian kerjasama yang dilakukan UTY Research Park adalah untuk memperkuat cita-cita Prof. Bambang Hartadi, Ph.D, MM, CPA dalam merealisasikan programnya. Delegasi UTY yang dipimpin oleh Dr. Tri Gunarsih, MM langsung diterima dengan baik oleh Dubes RI untuk Hungaria, Ibu Wening Esthyprobo Fatandari. Kedutaan Hungaria ini sangat membantu UTY dalam memperluas jaringan dengan beberapa ahli dari universitas besar di Hungaria, diantaranya Budapest Business School (BBS), dan Budapest University of Technology and Economics (Budapest Muszaki es Gazdasagtudomanyi Egyetem/BME).

Kunjungan ke BBS kali ini, merupakan kunjungan delegasi UTY yang kedua kalinya ke kampus tersebut. Pihak BBS yang diwakili oleh Prof. Balasz Ferkelt, First Deputy Rector menyambut baik delegasi UTY di Gedung Rektorat BBS di Budapest. Kunjungan ini untuk merealisasikan beberapa program MoU kedua kampus diantaranya kuliah umum, joint supervisor untuk program master, dan e-learning. Rektor BBC pun sudah pernah ke Jogjakarta untuk menjadi guest lecture di UTY beberapa waktu lalu. Setelah berdiskusi dengan pihak rektorat BBC tentang beberapa poin kerjasama yang sudah dan akan direalisasikan, delegasi UTY yang terdiri dari Dr. Junaidi, M.Si, Dr. Tri Gunarsih, MM., Dr J.Radjaban, M.Hum., Dr. Eko Setyo Humanika, M.Hum, dan Dr. Endi Marlina, MT., melanjutkan ke kampus BME.

Kunjungan ke BME disambut sangat hangat Dr. Laszlo Dvorskzi, Direktur International and Scientific Departement of BME yang menghasilkan draft perjanjian kerjasama pendidikan tinggi antara UTY dan BME yang akan segera dibahas oleh masing-masing rektorat untuk dapat segera ditandatangani dalam waktu dekat. Kampus BME merupakan salah satu kampus di Hungaria yang telah memiliki beberapa nobelis. BME merupakan salah satu universitas teknologi tertua yang didirikan tahun 1782 dan masuk ranking 81 terbaik di Eropa. Beberapa karya terbaik dari dosen dan mantan mahasiswanya memperoleh hadiah nobel misalnya Prof. Denes Gabor, penemu hologram yang mendapatkan hadiah nobel di bidang fisika pada tahun 1972, Prof. Gorgy Olah, mendapatkan hadiah nobel bidang kimia tahun 1994, Prof. Kalman Tihany, penemu Plasma TV, Prof. Todor Karman, peletak dasar-dasar pesawat super sonic, Prof. Donat Banki, penemu karburator. Dengan mengadakan jalinan kerjasama tersebut beberapa profesor dari BBC telah siap mendukung ekspertnya untuk membantu mengembangkan program UTY Research Park.

Keterangan Gambar

1. Delegasi UTY di Kampus BBS

2. Diskusi antara Delegeasi UTY dengan Pimpinan BBS

3. Delegasi mendengarkan pemaparan dari Dr. Laszlo Dvorskzi, Direktur International and Scientific Departement of BME