Mahasiswa UTY Juara Microsoft Virtual Academy Indonesia 2015

Akbar Permana Putra Mahasiswa Semester 3 Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), berhasil memenangkan kompetisi tahunan yang diadakan Microsoft yakni pada kompetisi Microsoft Virtual Academy (MVA) Indonesia 2015. Pengumuman pemenang dilakukan tanggal 26 juni 2015.

Keberhasilan Akbar tersebut tidak terlepas dari ketertarikannya pada bidang pemrograman. Meski baru mengenal pemrograman saat di bangku kuliah, dan ia baru belajar dasar-dasar pemrograman selama 2 semester, akan tetapi ia sangat meyakini bahwa menguasai pemrograman akan memberinya masa depan yang sangat cerah. Oleh karenanya ia secara serius belajar secara otodidak tentang pemrograman dengan berbagai cara termasuk melalui Microsoft Virtual Academy yang merupakan portal pembelajaran online dari Microsoft.  Ia belajar serius tentang jaringan dan beberapa program diantaranya java dan C#.  Kesungguhan Akbar untuk menjadi programmer handal semakin besar,  ketika mengetahui banyak kakak angkatan di UTY yang telah menjadi Microsoft Student Partner, dan sukses dalam berkarier baik selama masih menjadi mahasiswa maupun setelah lulus. 

Akbar menceritakan dalam kompetisi tersebut, para peserta dari seluruh Indonesia dibagi menjadi lima regional.  Dari lima regional tersebut diambil sepuluh besar. Akbar bersyukur karena dirinya mendapat nilai tertinggi dari lima regional tersebut.  Akbar menjelaskan bahwa dalam mengikuti MVA tersebut para peserta ditantang untuk mempelajari modul-modul yang berisi teori-teori yang terkait dengan teknologi informasi khususnya pemrograman dan jaringan. Setelah itu peserta diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan dan mengerjakan kasus-kasus yang diberikan secara online. Tantangan selanjutnya adalah menjelaskan teori-teori yang ada pada modul-modul tersebut, kepada teman-teman lain sebanyak-banyaknya serta mengajak mereka untuk bisa mengerjakan soal-soal dan kasus yang ada di modul-modul MVA dengan benar melalui online.

Menurut Akbar ada dua hal menarik baginya dalam mengikuti MVA tersebut, yakni memahami keilmuan secara mendalam dan berbagi kepada orang lain. Untuk pemahaman keilmunnya ia belajar dari dosen, belajar otodidak melalui e-book dan berbagai sumber lainnya, serta sharing kepada kakak-kakak kelasnya yang sudah menjadi Microsoft Student Partner.  Sedangkan tantangan untuk bisa memperoleh teman yang banyak, mengispirasinya untuk belajar agar bisa presentasi secara menarik dengan terus berbagi manfaat kepada orang lain. Adapun teman-teman yang berhasil ia ajak berasal dari mahasiswa UTY, mahasiswa dari luar dan masyarakat umum, ungkap Akbar yang memiliki kemampuan berbahasa Arab dan bahasa Inggris tersebut.

Keterangan Gambar

Akbar Permana Putra di depan Kampus 1 UTY