AutoCAD Competitions #2

Hestin Mulyandari, ST,MT Kaprodi Arsitektur UTY menyerahkan Trophi kepada Pemenang Lomba

Hestin Mulyandari, ST,MT Kaprodi Arsitektur UTY menyerahkan Trophi kepada Pemenang Lomba

Himpunan Mahasiswa Arsitektur yang bernama Forum Mahasiswa Arsitektur (Forma) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), didukung Prodi Arsitektur UTY menyelenggarakan lomba menggambar dengan AutoCAD bertajuk “AutoCAD Competitions #2” di Kampus 1 UTY, Minggu, 19 Oktober 2015. Peserta lomba berjumlah 25 peserta yang berasal dari beberapa SMK Kejuruan Teknik Gambar Bangunan (TGB) di wilayah DIY dan Jateng (Sukoharjo, Klaten, Kebumen).  Tujuan penyelenggaraan acara ini, menurut Ridwan Arifin selaku Ketua Penyelenggara AutoCAD Competitions #2 adalah meningkatkan kompetensi pelajar SMK kejuruan Teknik Gambar Bangunan dalam mengoperasikan AutoCAD sebagai modal awal untuk kuliah maupun bekerja. Kompetisi kali ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan oleh FORMA UTY, tambah Ridwan

Pada hari sebelumnya dalam rangkaian acara yang sama diselenggarakan workshop menggambar dengan AutoCAD bertema “FastCAD workshop” yang diadakan Sabtu, 18 Oktober 2015 di laboratorium komputer Kampus 1. Pemateri workshop FastCAD adalah salah satu dosen UTY yaitu Sigit Pramana Putra, S.T.. Dalam workshop ini, Sigit memberikan tips dan trik menggambar kerja menggunakan aplikasi AutoCAD. Baik peserta maupun guru pendamping terlihat antusias mengikuti workshop ini. Sambil mengikuti workshop dengan mempraktekkan langsung di komputer, beberapa peserta workshop juga menulis materi tersebut.

Peserta UTY AutoCad Competition #2 sedang berlomba di Kampus 1 UTY

Suasana Lomba Menggambar dengan AutoCad di Kampus 1 UTY

Lomba AutoCAD dilaksanakan di Lab Komputer Arsitektur Kampus 1 UTY lantai 3, langsung menggunakan komputer dengan menggambar denah, tampak, potongan bangunan. Parameter penilaian adalah kedetilan dari penggunaan notasi gambar, layer gambar dan tulisan, serta standar Detil Engineering Design (DED). Peserta diberi waktu 4 jam untuk menyelesaikan soal-soal tersebut.

Dewan juri lomba berasal dari Dosen Prodi Arsitektur UTY, yaitu Dita Ayu Rani N., ST., M.Sc dan Sigit Pramana Putra, ST. Pemenang lomba AutoCAD ini masing-masing dari SMKN 2 Klaten sebagai juara 1 atas nama Muhammad Kevin G. P., juara 2 dari SMKN 2 Wonosari atas nama Dwi Ari N. H. dan juara 3 dari SMKN 1 Sedayu atas nama Ardito Cahyo. Ketiganya berhak atas hadiah berupa trofi, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Di akhir acara, Ketua Program Arsitektur UTY Hestin Mulyandari, ST., MT menyampaikan bahwa AutoCAD Competitions ke-2 merupakan ajang penggalian kemampuan siswa siswi SMK dalam menggunakan aplikasi teknologi digital pada desain bangunan utamanya dalam standar penggambaran desain secara internasional, dengan dasar gambar secara dua dimensi pasti akan mengarah ke program tiga dimensi (3D) baik menggunakan program ArchiCAD, Sketchup, render gambar- 3DMax, karena tools tersebut sangat berguna sebagai sarana presentasi pada saat di perkuliahan, di dunia kerja maupun marketing bangunan.