Workshop Teaching English For Young Learners

Dekan Fakultas Pendidikan UTY, Dr. Mustaqim Pabbajah, MA memberikan sambutan

Dekan Fakultas Pendidikan UTY, Dr. Mustaqim Pabbajah, MA memberikan sambutan

Tingginya kesadaran dan kebutuhan akan pentingnya penguasaan bahasa Inggris untuk anak-anak berdampak semakin besarnya permintaan pasar akan jasa pendidikan dan bimbingan belajar bahasa Inggris. Namun, banyak pengajar/calon pengajar bahasa yang belum memiliki kompetensi sebagai pengajar bahasa Inggris untuk anak-anak. Sementara, seorang pengajar bahasa dituntut memahami pendekatan, metode, strategi dan teknik mengajar, disamping mengetahui cara untuk menarik perhatian anak agar mau belajar mengingat umur mereka yang masih kecil dan dekat dengan ‘fun life’.

Melihat fenomena dan peluang emas ini, Prodi PBI mengadakan workshop ‘Teaching English for Young Learners’ pada hari Kamis, 15 Oktober 2015, bertempat di Kampus 1 UTY Jombor. Workshop yang mengusung tema ‘Teaching Reading and Writing to Young Learners’ ini diperuntukkan khusus bagi mahasiswa Prodi PBI UTY sebagai calon guru bahasa Inggris. Peserta workshop begitu antusias mengikuti jalannya  workshop dan tak ingin melewatkan moment pentingselama workshop berlangsung. Hal ini terlihat dari keaktifan peserta dalam bertanya dan merespons setiap materi dan studi kasus yang terjadi di kelas (classroom case study).

Workshop ini menjadi sangat spesial karena dipandu langsung oleh Ms. Juvy Aranas Caringal, dari Phillipina, seorang guru dan praktisi di bidang pengajaran bahasa Inggris untuk anak-anak yang telah berpengalaman mengajar bahasa Ingggris selama 15 tahun di beberapa Sekolah Dasar bertaraf Internasional di Jakarta. Dalam sesi pelatihan yang menggunakan bahasa Inggris ini, Ms. Juvy memberikan contoh flashcard, lagu, permainan, dan teaching unit yang dapat digunakan dalam mengajar anak-anak. Lebih lanjut, Ia mengungkapkan pentingnya memahami pendekatan yang digunakan, manajemen kelas yang baik, dan membuat rencana pembelajaran (Lesson Plan) sebelum masuk ke kelas. “Mengajar tanpa Lesson Plan bagaikan tubuh tanpa roh”, ungkap Juvy yang juga mantan Kepala Sekolah Internasional Kinderland Pakubuwono, Jakarta Selatan.

Pembicara sedang presentasi materi Workshop

Ms. Juvy Aranas Caringal Sedang Presentasi Materi Workshop

 “Ini merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa Prodi PBI untuk belajar dan praktek langsung untuk mendesain dan merancang materi yang dapat diajarkan pada kelas bahasa Ingris untuk anak-anak”, ungkap Dekan Fakultas Pendidikan, Dr. Mustaqim Pabbajah, MA, saat memberikan sambutan dan membuka workshop.

Ketua pelaksana workshop, Sayit Abdul Karim, M.Pd, yang juga Kaprodi PBI UTY, menyampaikan bahwa salah satu tujuan penyelenggaraan workshop adalah memandu mahasiswa agar dapat merancang Lesson Plan/Teaching Unit yang dapat dijadikan acuan dalam mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak ketika mereka lulus kuliah. Pada akhir sesi workshop, peserta diminta merancang rencana pembelajaran dengan mengembangkan Teaching Unit.