Kenalkan Green Construction dan Jalin Keakraban Mahasiswa Baru

Ir. Bachnas, MSc menyampaikan materi Green Construction sekaligus memberi motivasi belajar kepada mahasiswa Teknik Sipil UTY

Ir. Bachnas, MSc menyampaikan materi Green Construction sekaligus memberi motivasi belajar kepada mahasiswa Teknik Sipil UTY

Mengusung tema Green Construction, Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMJTS) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) mengadakan acara Jalin Keakraban Mahasiswa Baru 2015, yang dikemas dengan acara temu alumni, kuliah umum, dan outbond. Acara yang dihadiri 328 mahasiswa dari angkatan 2015, sebagian dari angkatan 2014 dan beberapa alumni tersebut diselenggarakan di Kaliurang 14 Oktober 2015.  

Dalam kata sambutannya Adi Setiabudi Bawono, ST, MT Kaprodi Teknik Sipil UTY, menyampaikan bahwa wacana green construction kini terus berkembang dalam dunia konstruksi termasuk di Indonesia. Meskipun demikian masih banyak yang belum mengetahui secara mendalam konsep green construction tersebut. Sehingga ia merasa perlu untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa baru Prodi Teknik Sipil UTY. Menurut Adi Bawono mahasiswa teknik sipil sangat perlu mengetahui bagaimana konsep green construction, dan mengapa konsep green construction penting untuk melekat pada dunia konstruksi. Selain itu perlu juga untuk mengetahui apa saja tantangan-tantangan menuju era green construction, serta upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk mewujudkan green construction dan green environment.

Mahasiswa Teknik Sipil UTY Mengikuti Outbond 'Membentuk Pribadi Engineer Unggul'

Mahasiswa Teknik Sipil UTY Mengikuti Outbond 'Membentuk Pribadi Engineer Unggul'

Dihadirkannya alumni-alumni prodi Teknik Sipil UTY pada acara tersebut, dimaksudkan untuk memberikan gambaran bagaimana prospek / peluang kerja di bidang teknik sipil setelah lulus nantinya, memberikan motivasi belajar, serta menjalin tali silaturahmi dengan adik-adik kelasnya. Sedangkan kegiatan outbond bertema ‘Membentuk Pribadi Engineer Unggul” dimaksudkan untuk membentuk pribadi-pribadi mahasiswa Teknik Sipil UTY agar seelahlulus nantinya dapat menjadi engineer yang unggul dengan memiliki  softskill terdiri dari kemampuan kerjasama/teamwork, kreatifitas, kemandirian, kepemimpinan, komunikasi, empati dan keberanian dalam mengambil keputusan yang efektif.

Sementara Itu Ir. Bachnas, MSc selaku pembicara kuliah umum menyampaikan bahwa green construction atau konstruksi hijau merupakan konsep dan gerakan dalam membangun dengan mengedepankan keseimbangan antara keuntungan jangka pendek dengan resiko jangka panjang.  Konsep ini menekankan pembangunan dengan menjaga sustainability  kesehatan, keamaanan, dan kesejahteraan masa depan. Konsep ini bertujuan untuk terciptanya konstruksi dengan konsep green architecture, green construction, dan green environment, yakni yang ramah lingkungan, efisien dalam pemakaian energi dan sumber daya, serta berbiaya rendah.  Ir Bachnas mencontohkan suatu perencanaan konstruksi hijau yang menggunakan energi matahari untuk penerangan, menggunakan material yang dapat diperbaharui, dan bangunannya ramah lingkungan.

Dalam kuliah umum yang dilakukan secara interaktif tersebut juga banyak diisi motivasi bagi para mahasiswa agar menjadi pribadi engineer yang unggul.  Menurut Ir Bachnas, beberapa kriteria untuk menjadi engineer unggul diantaranya pertama adalah jujur, baik itu jujur pada diri kita sendiri dan orang lain yang ada disekitar kita. Kedua adalah cerdas untuk menjawab tantangan masa depan yang sangat kompleks. Untuk itu mahasiswa harus meletakkan dasar berupa rasa butuh, dalam menuntut ilmu. Ketiga adalah gigih atau ulet. Seseorang yang gigih / ulet dalam mengejar sesuatu pastilah akan mendapatkan yang dikejarnya. Begitu pula gigih dlam menuntut ilmu. Keempat adalah kepedulian sosial, yng merupajkan point penting dalam kehidupan ini untuk menjaga hubungan dan relasi. Kelima menjaga performance dan tingkah laku kita. Keenam adalah menjaga kesehatan untuk menunjang semua aktifitas.