Tuangkan Ide dan Pesan Kreatif Melalui Poster

Para peserta sedang merancang desain poster

Para peserta sedang merancang desain poster

Salah satu item dalam UTY Competition Weeks 2015 adalah lomba membuat poster iklan produk, yang ditangani oleh Prodi Manajemen UTY. Sebanyak 30 team mahasiswa dari berbagai prodi mengikuti lomba tersebut.

Dra.Vera Desy Nurmalia, SE, MM, Akt. Kaprodi Manajemen UTY menyampaikan  bahwa Lomba poster tersebut dimaksudkan untuk memberikan wahana bagi mahasiswa untuk menuangkan ide, gagasan  dalam mengkomunikasikan pesan pemasaran suatu jenis usaha atau produk kepada publik melalui media poster yang kreatif dan menarik. Vera menyampaikan bahwa persaingan bisnis yang terus meningkat  menuntut para pelaku bisnis dapat mengkomunikasikan usaha atau produknya secara kreatif.  

Ferry Irawan memberikan sambutan sebelum penilaian, didampingi Ketua Panitia

Ferry Irawan memberikan sambutan sebelum penilaian, didampingi Ketua Panitia

Juri utama dalam lomba tersebut  adalah Ferry Irawan, pengusaha muda pemilik Mangrove Gravindo, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang digital printing yang saat ini berkembang pesat di Yogyakarta.  Dalam kata sambutan sebelum kegiatan penilaian dimulai Ferry menyampaikan bahwa usahanya dimulai dengan kegemarannya menuangkan ide dalam bentuk poster. Berbagai lomba dulu ia pernah ikuti dan sering mendapatkan prestasi. Dari kegemaran itulah kemudian ia memberanikan untuk membuka usaha digital printing, yang mengusung visi ‘Menjadi Perusahaan Nomor 1 di Bidang Digital Printing’. Ia mendorong para mahasiswa untuk berani berkreasi dalam mendesain. Ia yakinkan sukses desainer yang kreatif sangat cerah.  

Adapun penilaian poster meliputi aspek kesesuain dengan jenis usaha dan produk, keunikan karya, keindahan desain, komposisi gambar, pilhan warna- warna, tata letak objek dan isi pesan, dan komunikasi yang menarik.  

Ristiana D, SE, MM Ketua Panitia Lomba Poster menyampaikan dalam proses penilaian, setiap peserta diminta mempresentasikan pesan utama dari desain poster yang dibuat. Peserta juga diminta menjelaskan detail alasan dari pilihan pesan, gambar, komposisi dari desain yang dibuat.

Salah satu team peserta sedang presentasi poster di depan Juri (Ferry Irawan)

Salah satu team peserta sedang presentasi poster di depan Juri (Ferry Irawan)

Salah satu tim peserta dari Prodi Arsitektur Vino dan Haidar, mengungkapkan bahwa ia sangat senang dapat mengikuti kompetisi ini. Motivasi utamanya adalah belajar menuangkan pesan pemasaran melalui poster. Jika tidak berhasil menjadi juarapun meraka merasa sudah berhasil bisa menuangkan karya untuk ditunjukkan dan dinilai orang lain. Sedangkan jika menjadi juara merupakan bonus dari hasil belajar tersebut. Dalam undiannya mereka mendapat pilihan poster iklan Laptop. Dengan mengusung merk U-Tech yang mereka artikan Universitas Teknologi mereka mengusung pesan ‘hidup menjadi lebih berwarna dengan menggunakan laptop U-Tech’. Maka poster yang berwarna dasar / back ground abu-abu (simbol hidup tak berwarna), dipadukan dengan pancaran warna warni informasi yang keluar dari monitor laptop.

Usai melakukan penilaian,Vera menyampaikan kebanggaannya karena para peserta dapat menuangkan ide-ide yang sangat kreatif, khas anak muda.