Skill Modal Utama dalam Kompetisi Global

Andwi Valentine sedang memaparkan materi workshop

Andwi Valentine sedang memaparkan materi workshop

“Kuasai satu skill dengan baik, pekerjaan akan mencari Anda” demikian disampaikan oleh Andwi Valentine, pemilik PT Javasigna Intermedia pada workshop bertajuk “Kiat Sukses Menjadi Project Manager Proyek Teknologi Informasi” yang diselenggarakan pada hari Selasa 29 Desember 2015 oleh Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Pendidikan Universitas Teknologi Yogyakarta(UTY). Pengusaha muda yang berpengalaman di bidang manajemen proyek berbasis teknologi Informasi ini menyampaikan bahwa semangat enterpreunership seharusnya sudah dipupuk sejak menjadi mahasiswa. Dengan demikian para sarjana tidak hanya berlomba-lomba menjadi pegawai negeri sipil atau bekerja di perusahaan-perusahaan besar sekelas BUMN.

Mashasiswa mengikuti workshop entrepreneur Fakultas Pendidikan UTY

Mashasiswa mengikuti workshop entrepreneur Fakultas Pendidikan UTY

Dalam workshop yang bertujuan membentuk dan memupuk semangat entrepreunership di kalangan mahasiswa itu, Andwi Valentine menyampaikan kiat-kiat mendapatkan proyek, manajemen pengerjaan proyek, dan bagaimana menghadapi serta menyelesaikan berbagai permasalahan dalam proyek. Dia menekankan bahwa sudah saatnya lulusan perguruan tinggi tidak hanya mencari pekerjaan, tetapi dapat membuka lahan pekerjaan bagi orang lain. Namun demikian tetap ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Salah satu yang sangat penting, sebelum lulus mahasiswa harus menguasai satu skill dengan baik.

Workshop berjalan dengan komunikatif. Peserta yang berjumlah lebih dari seratus mahasiswa dari berbagai prodi diantaranya Pendidikan Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Teknik Elektro, dan Manajemen Informatika tersebut, mengikuti workshop dengan antusias. Hal itu terbukti dengan berbagai perlengkapan yang dibawa peserta berupa laptop, power terminal, dan lain-lain. Sebelum memasuki sesi presentasi, Dr. Arief Hermawan selaku Ketua Prodi PTI sempat menanyakan berapa nilai proyek terbesar yang pernah dikerjakan Andwi Valentine. Dia menjawab dengan tenang “dua milyar Rupiah”.

Pada presentasinya, Andwi Valentine menerangkan beberapa hal terkait tugas dan tanggung jawab seorang project manager, diantaranya bagaimana mendapatkan sebuah proyek, dan bagaimana manajemen proyek yang telah didapat. Dia juga menjelaskan bahwa kesuksesan ataupun kegagalan suatu proyek sangat bergantung pada project manager. Selanjutnya, dia memberikan contoh bagaimana manajemen proyek dengan menggunakan system Taiga.io dan Preceden, bagaimana manajemen dan komunikasi tim dengan menggunakan website Slack.com, dan bagaimana manajemen sourcecode, serta aplikasi menggunakan website github.com. Para peserta pun dengan semangat mengikuti setiap tahapan dan mempraktikkan semua tutorial.

Dalam kesempatan terpisah Dekan Fakultas Pendidikan UTY, Dr. Mustaqim Pabbajah, MA. menyampaikan bahwa per 31 Desember 2015 kita telah memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), di mana persaingan dunia kerja semakin ketat dan kompetitif. Untuk merespons tuntutan tersebut, UTY telah mencanangkan dalam proses belajar mengajar  di UTY tidak hanya menekankan kemampuan hard skill saja tetapi juga mengasah soft skill mahasiswa. Lebih lanjut Dr Mustaqim mengungkapkan bahwa semua kegiatan mahasiswa UTY baik akademik maupun non akademik harus mendukung peningkatan kedua skill tersebut. Hal tesebut dilaksanakan dalam rangka menjawab tantangan realitas kerja di lapangan, sehingga mahasiswa UTY dapat bersaing dalam dunia kerja di era global saat ini. Salah satunya misalnya yang telah diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Teknologi informasi UTY ini.