Mahasiswa UTY Praktik Lapangan di Sekolah Terbaik Malaysia

Mahasiswa UTY, mahasiswa UTM, foto bersama para siswa, guru dan Kepala Sekolah Sekolah Kebangsaan

Mahasiswa UTY dan mahasiswa UTM, foto bersama para siswa, guru dan Kepala Sekolah Sekolah Kebangsaan Muzaffar Syah Johor Malaysia

Sekolah Kebangsaan (SK) Muzaffar Syah adalah sekolah formal setingkat SD (di Indonesia) yang berlokasi di kawasan Felda Air Tawar 3 Johor Bahru Malaysia. Sekolah ini pada tahun 2012/2013 menyandang predikat SD terbaik se-Malaysia dalam hal partisipasi orang tua murid, seperti terlihat dari piagam penghargaan “Anugerah Persatuan Ibu Bapa dan Guru (PIBG) Cemerlang Peringkat Kebangsaan 2012/2013 “ yang tertempel  di dinding sekolah. Ini berarti peran orang tua murid sangat besar, orang tua murid menyediakan hampir separuh fasilitas sekolah”, seperti disampaikan Hjh. Bibi Sakinah Binti Haron Khan selaku “Guru Besar” atau Kepala Sekolah tersebut.

Mahasiswa UTY dan Mahasiswa UTM praktik lapangan di Sekolah Kebangsaan Muzaffar Syah Malaysia

Mahasiswa UTY dan Mahasiswa UTM praktik lapangan di Sekolah Kebangsaan Muzaffar Syah Malaysia

Tak sia-sia menyandang sekolah terbaik, fasilitas lengkap tersedia di sekolah favorit yang lokasinya di tengah perkebunan kelapa sawit ini. Fasilitas tidak terbatas pada peralatan belajar mengajar namun sampai dengan fasilitas untuk mendukung program pemerintah, diantaranya terdapat ruang anti narkoba dengan replika sel penjara dengan tali gantung dan replika makam yang kesemuanya menggambarkan betapa dahsyat dampak narkoba bagi penggunanya.

“Berbagai predikat cemerlang yang disandang menjadikan sekolah ini terpilih sebagai salah satu tempat praktik mahasiswa  Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) dan Universitas Teknologi Malaysia (UTM) dalam program ISLP (International Service Learning Program) di Johor Malaysia” ujar Juhansar, MA, staf  Kantor Hubungan Internasional UTY. Sepanjang satu hari penuh para mahasiswa UTY dan UTM berkegiatan dengan para pelajar Sekolah Kebangsaan Muzaffar Syah, dalam program khusus bernama English Language Camp.

Mahasiswa UTY menjadi instruktur Bahasa Inggris di Sekolah Kebangsaan Muzaffar Syah Johor Malaysia

Mahasiswa UTY menjadi instruktur Bahasa Inggris di Sekolah Kebangsaan Muzaffar Syah Johor Malaysia

Para mahasiswa UTY dan UTM khususnya yang berlatarbelakang bahasa Inggris, berlatih dan mengembangkan potensi  dalam kemampuan berbahasa dan menjadi pengajar bahasa Inggris, di Sekolah Dasar yang siswanya terbiasa berbahasa Inggris, yang merupakan second language di negeri jiran tersebut. Kegiatan para mahasiswa menjadi instruktur dan fasilitator, yang dilakukan secara bergantian tersebut, berdampak sangat positif, baik bagi  mahasiswa maupun siswa. Secara khusus Gani Dwi Sasongko mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris UTY menyampaikan rasa bangganya bisa berpartisipasi pada acara ini. “Menjadi instruktur acara English Language Camp di sekolah  terbaik di Malaysia, dimana siswanya telah  familiar dengan bahasa Inggris, telah memberikan rasa percaya diri tersendiri” ujar Gani.