Pejabat Tinggi Malaysia Apresiasi Kegiatan ISLP UTY-UTM

Kegiatan Program ISLP dalam mengoptimalkan fungsi halaman untuk tanaman dengan senthan teknologi tepat guna

Kegiatan Program ISLP dalam mengoptimalkan peran halaman untuk bercocok tanam menggunakan media tertentu dengan sentuhan teknologi tepat guna

Kegiatan ISLP (International Service Learning Program) mahasiswa Universitas teknologi Yogyakarta (UTY) – Universiti Teknologi Malaysia (UTM) mendapat apresiasi dan menarik minat banyak pihak, termasuk pejabat tinggi, di Malaysia. Pada hari Jum’at (11/3) Y.B. Datuk Noor Ehsanuddin, Ahli Parlimen Kota Tinggi Malaysia (setingkat DPR Pusat Indonesia) dan Y.Bhg Tuan Noorazam, Pegawai Daerah Kota Tinggi (setingkat Bupati di Indonesia), Johor mengunjungi kegiatan ISLP tersebut.

Y.B. Datuk Noor Ehsanuddin, memberikan sambutan sekaligus membuka seminar dan workshop ISLP UTY- UTM

Y.B. Datuk Noor Ehsanuddin, memberikan sambutan sekaligus membuka seminar dan workshop ISLP UTY- UTM

“Ini pertama kalinya perguruan tinggi luar negeri praktik lapangan di pedesaan Johor dan UTY patut diapresiasi karena membuka wawasan internasional bagi warga desa”, ujar Datuk Noor Ehsanuddin saat peresmian ISLP sekaligus membuka salah satu kegiatannya yakni “Seminar dan Bengkel Bio Community”

Sementara itu Y.Bhg Tuan Noorazam juga menyampaikan hal yang sama. “Kegiatan ini sangat membantu pemerintah wilayah Johor  karena ikut meningkatkan kualitas hidup warga yang juga merupakan salah satu program kerja pemerintah”, ujarnya. Ia berharap program ini bukan on-off program namun bisa  berlanjut dan sekaligus menjaga silaturahim dua negera serumpun.

Kegiatan program ISLP pada Jum’a (11/3) ini adalah seminar dan workshop meningkatkan peran halaman atau kebun warga. Seminar ini menjelaskan bagaimana halaman rumah bisa lebih dioptimalkan dengan bercocok tanam menggunakan media tertentu dan sentuhan teknologi sederhana dan tepat guna. Seminar ini menarik perhatian banyak pihak, dan didukung oleh perusahaan yang menjadi kebanggan Air Tawar yang memproduksi Produk EM (Efective Microorganisma).

Produk EM, kebanggaan Masyarakat Air Tawar, Johor Malaysia

Produk EM, kebanggaan Masyarakat Air Tawar, Johor Malaysia

Produk yang diberi label EM (Effective Microorganism) adalah sejenis cairan yang dibuat dari bahan nabati dan menjadi katalis untuk meringankan berbagai pekerjaan manusia, antara lain sebagai cairan pembersih, pupuk organik dan ternyata bisa juga menjadi suplemen kesehatan. Produk ini menjadi kebanggaan Felda Air Tawar 3 karena memeiliki nilai ekonomis tinggi serta telah diekspor dan mendirikan pabrik di Thaliand dan Indonesia (Bali). 

Mahasiswa UTY dan UTM foto bersama usai kegiatan seminar ISLP di Johor Malaysia

Mahasiswa UTY dan UTM foto bersama usai kegiatan seminar ISLP di Johor Malaysia

Usai mengikuti seminar dan workshop,  mahasiswa UTY-UTM melakukan praktik pembibitan tanaman dan membersihkan lingkungan  dengan menggunakan produk EM. Dalam kesempatan itu para mahasiswa juga diperlihatkan hal unik dalam kebersihan lingkungan di Felda Air Tawar 3 yakni tidak adanya lalat yang berkeliaran. Hal ini karena penggunaan cairan EM dalam pengolahan sampah di kawasan setempat termasuk sampah rumah tangga. Diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikan hal positif tersebut di lingkungan masing-masing.