Rasakan Kuliah Internasional, Mahasiswa UTY Sit In di UTM Malaysia

Mahasiswa UTY di depan Gerbang masuk Kampus UTM Johor Malaysia

Mahasiswa UTY dan pembimbing di depan Gerbang Masuk Kampus UTM Johor Malaysia

Kuliah di luar negeri adalah idaman banyak orang apalagi kampus yang dituju merupakan kampus berkelas dunia. Keberuntungan didapat mahasiswa Fak. Pendidikan dan Fak. Psikologi  UTY yang sedang mengikuti ISLP (Internastional Service Learning Program) di Johor Malaysia. Mereka berkesempatan mengikuti (sit in) sesi perkuliahan di UTM (Universiti Teknologi Malaysia). Menempati lahan seluas 1.500 ha,UTM yang terkenal dengan unsur teknologinya tersebut menjadi Kampus terbesar di Malaysia, dan kini juga masuk dalam 300 universitas top rangking dunia.

Mahasiswa UTY mengikuti kuliah (sit in) di UTM Johor Malaysia

Mahasiswa UTY mengikuti kuliah (sit in) di UTM Johor Malaysia

Mahasiswa UTY bersama-sama dengan mahasiswa UTM yang diantaranya juga berasal dari luar Malaysia, hari ini Minggu 13 Maret 2016 mengikuti sesi perkuliahan yang disampaikan oleh Dr. Shahrin Bin Hashim. Dengan serius mereka mampu mengikuti perkuliahan dan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan  yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Mereka juga diskusi dengan mahasiswa lain sehingga betul-betul merasakan kuliah di luar negeri yang sesungguhnya.

Suryo Sudiro, MHum Wakil Dekan Fak. Pendidikan dan Fak. Psikologi  UTY yang mendampingi mahasiswa UTY menyampaikan bahwa teknis perkuliahan di UTM tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Namun cara penyampaiannya yang sangat berbeda. Dosen lebih banyak  berbicara tentang praktik  lapangan atas berbagai teori ilmiah dari mata kuliah yang sedang disampaikan, sehingga mahasiswa sangat menikmati perkuliahan dan tanpa terasa  telah tiba di penghujung pertemuan. Febri, salah satu mahasiswa UTY menyatakan kepuasannya dalam program sit in, tersebut. “Saya berharap bisa ikut terus program sit in karena salah satunya dapat mengukur potensi diri dalam kompetisi internasional”, ujarnya.

Salah satu sudut perpustakaan di Kampus  UTM

Salah satu sudut perpustakaan di Kampus UTM

Selesai perkuliahan para mahasiswa diajak tour lingkungan kampus UTM dan melihat berbagai fasilitas perkuliahan di kampus yang dibiayai sepenuhnya oleh negara Malaysia. Diantaranya meninjau kompeks stadion olahraga, Kantor Urusan Internasional, laboratorium dan perpustakaan baru UTM yang artistik namun kental nuansa teknologinya. “Dengan program sit in dan melihat lingkungan kampus UTM, para mahasiswa diharapkan terbuka wawasannya sehingga termotivasi untuk lebih meningkatkan kompetensi dalam memasuki dunia kerja”, ujar Suryo Sudiro.