UTM dan UTY Tandatangani LoC Kerjasama Global

Prof. Baharudin bin Aris dan Dr. Mustaqim Pabbajah, MA  menandatangani LoC

Prof. Baharudin bin Aris dan Dr. Mustaqim Pabbajah, MA menandatangani LoC di Kampus UTM Johor Malaysia

Fakulti Pendidikan Universiti Teknologi Malaysia (UTM), dan Fakultas Pendidikan serta Fakultas Psikologi Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) menandatangani Letter of Cooperation (LoC). Adapun LoC yang ditandatangai tersebut berisi antara lain kerjasama dalam hal pertukaran mahasiswa termasuk lokasi praktik mengajar, pertukaran dosen dan staff,  pertukaran informasi dan publikasi ilmiah, riset bersama, dan hal lain yang saling menguntungkan. Penandatanganan dilakukan di Kampus UTM Johor Malaysia Rabu tanggal 9 Maret 2016, oleh Prof. Baharuddin Bin Aris, PhD Dekan Fakulti Pendidikan UTM dan Dr. Mustaqim Pabbajah, MA Dekan Fakultas Pendidikan dan Psikologi UTY. Selain disaksikan oleh para pejabat di lingkungan Fakulti Pendidikan UTM, penandatanganan LoC tersebut juga disaksikan oleh 20 mahasiswa Fakultas Pendidikan dan Psikologi UTY yang sedang mengikuti program International Service Learning Program (ISLP) di Johor Malaysia bersama mahasiswa UTM.

Dalam sambutannya Prof Baharuddin, PhD menyatakan kegembiraannya bekerjasama dengan UTY karena memiliki visi dan misi yang sama yakni terus berkembang. Menurutnya, komitmen Fakulti Pendidikan UTM dalam berkolaborasi internasional dibarengi dengan pemilihan perguruan tinggi mitra yang  memliliki visi sama. “Termasuk di dalamnya adalah memilih UTY” kata Prof. Baharudin. Sehingga tidak salah, telah dilakukan kerjasama UTY-UTM dalam program ISLP. Prof Baharuddin menambahkan pula bahwa LoC ini adalah pintu menuju MoU, yang artinya kerjasama tidak lagi di level fakultas namun meningkat di level universitas yang tentunya lintas fakultas. 

Prof. Baharudin bin Aris dan Dr. Mustaqim Pabbajah usai penandatanganan LoC

Prof. Baharudin bin Aris dan Dr. Mustaqim Pabbajah usai penandatanganan LoC di Kampus UTM Johor Malaysia

Sementara itu Dr. Mustaqim Pabbajah menyampaikan bahwa penandatanganan LoC tersebut merupakan kelanjutan dari berbagai kerjasama yang selama ini telah dilakukan antara UTY dan UTM, diantaranya pengiriman mahasiswa UTM ke UTY untuk program ISLP, beberapa kali seminar dan kuliah umum di UTY dengan narasumber dari UTM, dan perancangan riset dan publikasi ilmiah internasional bersama.

Dr. Mustaqim Pabbajah, MA menyampaikan kebanggaannya dapat bekerjasama secara global dengan Fakulti Pendidikan UTM. Ia mengatakan “Usia UTM yang jauh berbeda dengan UTY, yakni baru saja berulang tahun ke 100 dan posisi UTM di level 300 ranking dunia, serta jaringan internasional yang mereka miliki, membawa manfaat sangat besar khususnya bagi Fakultas Pendidikan dan Psikologi UTY untuk  maju dan berkembang lebih cepat.”

Pada kesempatan yang sama Dr. Mustaqim menambahkan pula bahwa kerjasama global  / internasional Fakultas Pendidikan dan Psikologi UTY tidak berhenti hingga di sini. Pada pertengahan Maret 2016 ini, ia dan dua pejabat di UTY lainnya akan berangkat ke Australia,  untuk mempersiapkan lebih teknis kerjasama antara UTY dengn Curtin Unversity dan Murdoch University, tambah Dr. Mustaqim Pabbajah.