Mahasiswa UTY, Ikuti Kompetisi Internasional IT di Malaysia

Benny Eko Priharyanto, Arief Riadi, Rahmad Widodo dan Dr. Ir Arief Hermawan

Benny Eko Priharyanto, Arief Riadi, Rahmad Widodo dan Dr. Ir Arief Hermawan

Tiga mahasiswa Prodi Teknik Informatika Universitas Teknologi Yogyakarta yakni Benny Eko Priharyanto, Arief Riadi, dan Rahmad Widodo bertolak ke Malaysia, untuk mengikuti  Kompetisi Teknologi Informasi berskala internasional yang diselenggarakan oleh Universiti Malaysia Pahang. Kompetisi yang diselenggarakan pada tanggal 15-17 April tersebut bertajuk i-Finog (International Festival Festival Innovation on Green Technoloy).  Kompetisi ini dimaksudkan untuk meng-explore inovasi teknologi terapan dan tepat guna yang  dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam memecahkan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Dr. Ir Arief Hermawan selaku pembimbing Tim UTY menyampaikan bahwa keikutsertaan mahasiswa program studi Teknik Informatika UTY pada lomba tersebut, karena tema lomba tersebut sangat sejalan dengan misi UTY yang dicanangkan Rektor UTY Prof. Bambang Hartadi untuk terus mengembangkan inovasi dan memberikan global experience yang lebih banyak kepada mahasiswa. Arief Hermawan menuturkan bahwa selama ini banyak pihak yang telah menyampaikan pentingnya kemampuan bersaing secara global di era perdagangan bebas termasuk MEA. Arief menegaskan bahwa dengan keikutsertaan mahasiswa pada lomba di tingkat internasional tersebut, secara langsung dapat melatih sekaligus menguji kemampuan dan kepercayaan diri dalam bersaing di tingkat internasional. Arief Hermawan meyakini pengalaman berkompetisi di luar negeri akan sangat bermanfaat dalam mengembangkan wawasan global para peserta lomba. Selain itu, diharapkan juga bisa memberikan imbas positif bagi rekan-rekannya di kampus.

Prototype Real Time Lock Security karya mahasiswa UTY

Prototype Real Time Lock Security karya mahasiswa UTY

Dalam kompetis tersebut Benny dan kawan-kawan mengusung teknologi membuka kunci dengan aplikasi Android, yang bertajuk “Real time lock security system using microcontroller android Apps.” Arief menyampaikan bahwa teknologi rancangan mahasiswa tersebut merupakan teknologi membuka kunci menggunakan handphone  dengan aplikasi android. Arief menjelaskan bahwa selama ini memang telah berkembang teknologi untuk membuka pintu dengan password, baik yang operasionalnya harus disentuh dengan tangan maupun tanpa sentuh tangan. Namun kesemuanya itu passwordnya masih bersifat statis.  Kebaruan dari karya mahasiswa Teknik Informasi UTY yakni aksesnya dilakukan melalui smartphone dengan password yang selalu berubah-ubah, sehingga menjafi lebih sederhana, mudah dan aman. Cara membukanya bisa dengan jarak jauh menggunakan handphone, atau juga dengan disentuh tangan dengan melihat password yang tertera di layar handphone.

Arif menyampaikan bahwa aplikasi dari teknologi tersebut dapat diterapkan pada pintu rumah, pintu gerbang, koper, brankas, dan lain-lain. Tingkat keamanan akan sangat terjamin karena password selalu berubah-ubah. Sedangkan pengguna akan mengetahui password tersebut secara otomatis dengan menggunakan handphone yang sudah terkoneksi.