Inovasi Kulkas Cerdas

Prototipe perangkat IT Kulkas Cerdas berupa sensor jumlah telur, dan arduino microcontroller

Prototipe perangkat IT Kulkas Cerdas berupa sensor jumlah telur, dan arduino microcontroller

Kehidupan masa kini yang mengedepankan teknologi informasi menuntut inovasi yang tiada henti, untuk mempermudah manusia dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Sejalan dengan itu Beny Eko Priharyanto dan Arief Riadi mahasiswa Teknik Informatika Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), melakukan penelitian yang dinamakan “Kulkas Cerdas”. Kulkas cerdas ini merupakan suatu prototipe yang dipasang di kulkas yang memiliki fungsi untuk memesan telur secara otomatis,  jika persediaan telur di kulkas tersebut telah mencapai batas minimum. Dengan adanya prototipe ini pemilik kulkas akan dimudahkan dalam menjaga stok telur di kulkasnya. Saat persediaan telur di kulkas telah mencapai batas minimalnya, kulkas akan secara otomatis mengirimkan pesan ke supplier telur untuk mengirimkan telurnya sesuai dengan lokasi kulkas tersebut.

Prototipe ini terdiri tiga bagian utama, yaitu sensor jumlah telur, arduino microcontroller dan smartphone. Sensor jumlah telur secara otomatis akan mengirimkan sinyal jumlah telur yang tersedia di kulkas ke arduino microcontroller, ardiono akan membandingkan jumlah telur tersebut dengan jumlah minimal yang diharuskan tersedia di kulkas, jika hasilnya sama atau kurang maka ardiono akan mengirimkan sinyal perintah ke smartphone agar mengirimkan pesan ke supplier untuk menambah stok telur sesuai lokasi kulkas.

Walaupun prototipe inovasi yang dihasilkan Beny dan Arief belum sempurna, namun keunikan ide mereka mendapat apresiasi dari dewan juri Lomba Inovasi Mahasiswa UTY bertajuk “UTY Cell Competition 2016” pada bidang TIK.  Dewan juri dalam kompetisi ini menyatakan bahwa dalam lingkup rumah tangga prototipe ini layak diimplementasikan di kulkas untuk memudahkan pemilik dalam memastikan bahwa stok telur di kulkasnya selalu tersedia. Sedangkan dalam lingkup industri, ke depan inovasi ini dapat dikembangkan dalam pengelolaan stok persediaan di perusahaan-perusahaan.