Ramadhan English Proficiency Training 2016

 Instruktur dan peserta REPT 2016 foto bersama usai pelatihan di Kampus 1 UTY

Instruktur dan peserta REPT 2016 foto bersama usai pelatihan di Kampus 1 UTY

Dalam rangka meningkatkan kualitas hard skill dan mengasah soft skill mahasiswa UTY, pada bulan suci Ramadhan1437 H ini, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Pendidikan UTY kembali mengadakan pelatihan Bahasa Inggris diberi nama “Ramadhan English Proficiency Training (REPT) 2016 dengan tema Dream Up, Step Up. Pelatihan ini bertujuan untuk memberi pengalaman dan pengetahuan kepada mahasiswa UTY dalam menghadapi test Bahasa Inggris di dunia akademis maupun profesi. Skill-skill yang diperkenalkan meliputi Listening, Structure, Reading Comprehension dan Speaking. Pelatihan test kemampuan Bahasa Inggris ini diadakan di kampus 1 UTY dan berlangsung dalam dua fase yaitu fase I dari 13 Juni 2016 sampai 30 Juni 2016 dan fase II dari 29 Agustus 2016 sampai 2 September 2016.  

Pengalaman para dosen dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi test Bahasa Inggris menjadi referensi khusus pelatihan REPT 2016 ini. Selain itu diajarkan tips dan strategi jitu cara mengerjakan soal-soal yang diujikan dalam test TOEFL dan IELTS. Kemampuan bahasa Inggris dasar bagi para peserta akan cukup membantu dalam menghadapi test Bahasa Inggris selain pengalaman mengerjakan soal-soal  berbasis TOEFL dan IELTS. Dengan demikian diharapkan dengan mengikuti pelatihan REPT, peserta mengenal dan mampu mengerjakan tes Bahasa Inggris baik ketika melanjutkan studi maupun saat melamar pekerjaan.

Pelatihan REPT 2016 melibatkan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai panitia penyelenggara. Hal ini dimaksudkan untuk memberi bekal pengalaman mahasiswa PBI dalam merancang dan mengadakan pelatihan Bahasa Inggris setelah lulus dari bangku kuliah. Kerja keras para mahasiswa yang tergabung dalam English Club Fakultas Pendidikan UTY dengan koordinator Heni Cari mahasiswa PBI angkatan 2014 ini menunjukkan hasil positif dengan menerima 24 peserta yang telah diseleksi dari Fakultas Pendidikan dan Fakultas Bisnis dan Teknologi Informasi. Supervisi para dosen yang dipimpin Kaprodi PBI Fakultas Pendidikan UTY, Sayit Abdul Karim S.Pd., M.Pd, di antaranya Suryo Sudiro, M.Hum, Juhansar Lathief, S.Pd, MA dan Dyah Mukaromah, Spd, M.Pd. sasaran dari program pelatihan ini lebih tertuju pada content pelatihan dan pengajarannya.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Mustaqim Pabbajah M.A., Dekan Fakultas Pendidikan UTY menyampaikan bahwa ini merupakan komitmen UTY untuk membekali mahasiswa dengan kegiatan extra yang menunjang soft skill dan hard skill khususnya dalam Bahasa Inggris, sehingga nantinya dapat menjadi modal dalam mengikuti tes seleksi untuk melanjutkan studi dan dunia kerja yang menggunakan bahasa inggris sebagai syarat utama. Dengan diselenggarakannya kegiatan extra seperti ini mahasiswa UTY tidak kalah bersaing dalam persaingan global dengan kemampuan dan modal bahasa yang dimiliki, pungkas Dr. Mustaqim.