Dua Tim Mahasiswa UTY Sukses Raih Gold Medal di Korea

Dua Tim Mahasiswa UTY peraih penghargaan Gold Medal dari Korea

Dua Tim Mahasiswa UTY peraih penghargaan Gold Medal dari Korea

Dua tim mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) kembali sukses di tingkat internasional, yakni sukses menyabet 2 penghargaan sekaligus dalam ajang Korea Creative Invention Contest, pada pertengahan Agustus 2016. Mereka berasal dari program studi Teknik Informatika (Benny Eko Priharyanto, Arief Riadi, dan Rahmad Widodo) dan program studi Teknik Elektro (Aditya Whisnu Bayu Aji, Taufiq Ismail, dan Yaprilidio Susetyo Wibowo). Kedua tim tersebut dibimbing oleh Dr. Ir. Arief Hermawan, MT.

Arief Hermawan menyampaikan, tim mahasiswa Teknik Informatika membuat karya yang diberi judul “Real Time Lock Security Using Microcontroller and Android Application”. Sebuah karya yang dimaksudkan untuk meningkatkaan sistem keamanan kunci dengan cara membuat password yang selalu berubah dan dapat diakses secara mudah dengan smartphone. Karya tersebut berhasil mendapatkan penghargaan Gold Medal dari Korea Invention News dan Special Award in high merit and recognition for an outstanding display of invention, dari World Inventor Association. Sedangkan tim mahasiswa Teknik Elektro membuat karya yang diberi judul dengan judul Si Manis: the concept of alternative energy source. Sebuah karya yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah terpencil, dengan menyediakan listrik berbahan baku limbah yang sudah tidak digunakan. Karya tersebut berhasil mendapatkan penghargaan Gold Medal dari Korea invention News,  dan Special Award in honor and recognition of the most exceptional creativity and innovative idea displayed by the invention dari Asia Invention Association.

Secara terpisah, Rektor Universitas Teknologi Yogyakarta Prof. Bambang Hartadi, Ph.D, MM, CPA  menyambut baik atas prestasi internasional tersebut, dan berharap bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk meraih prestasi di kancah internasional.