Hal Sederhana Menjadi Luar Biasa

Mahasiswa UTY peserta International CELProgram study visit Malaysia di depan Gedung Putrajaya Malaysia

Mahasiswa UTY peserta International CELProgram study visit Malaysia di depan Gedung Putrajaya Malaysia

Dua puluh empat mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) peserta International CEL Program Study Visit Malaysia tanggal 29 September – 4 Oktober 2016, mendapat pengalaman luar biasa dari training Kewirausahaan di Universiti Malaysia Pahang (UMP) oleh Prof. Noor Azlina Azizan, PhD Director Entrepreneurship My PACE UMP, dan praktik perniagaan di Kota Kuantan Malaysia berkolaborasi dengan mahasiswa UMP.

Tim building - Mahasiswa UTY dan Mahasiswa UMP merencanakan bisnis yang akan dijalankan dalam praktik perniagaan di kota Kuantan

Tim Building : Mahasiswa UTY dan Mahasiswa UMP merencanakan bisnis yang akan dijalankan dalam praktik perniagaan di kota Kuantan

Dalam paparannya Prof. Noor Azlina menyampaikan kondisi serta lingkungan bisnis di Malaysia khususnya di Kota Kuantan. Sedangkan dalam praktik perniagaan, mereka dibagi menjadi tim-tim beranggotakan 3 sampai 4  mahasiswa gabungan dari UTY dan UMP, dengan diberikan modal RM. 100 atau setara dengan Rp. 340.000, untuk dijalankan selama 5 jam.

Juhansar, MA Dosen pendamping mahasiswa UTY menyampaikan bahwa menjual barang sepertinya  hal biasa/sederhana. Namun menjadi luar biasa dan membanggakan, karena ternyata mahasiswa UTY dalam waktu singkat mampu meyakinkan customer dan menawarkan produk secara menarik kepada customer di luar negeri yang memiliki bahasa dan cultur yang berbeda. Dari sisi leadership, para mahasiswa langsung belajar dan praktik kerjasama tim secara internasional. Sedangkan dari sisi kreativitas, mahasiswa di’paksa’ menemukan sesuatu yang dibutuhkan customer di Kuantan. Hasilnya, semua tim dari mahasiswa UTY bisa mendapatkan keuntungan, bahkan beberapa tim berhasil mendapat hasil dua kali lipat lebih dari modal awalnya, ungkap Juhansyar.

Mahasiswa UTY dan Mahasiswa UMP praktik perniagaan di kota Kuantan Malaysia

Mahasiswa UTY dan Mahasiswa UMP praktik perniagaan di kota Kuantan Malaysia

Di tempat terpisah Rektor UTY Prof. Bambang Hartadi, PhD, MM, CPA menyampaikan bahwa wawasan internasional sangat penting bagi mahasiswa di era keterbukaan global khususnya dalam bidang bisnis yang terus bergulir saat ini. Pengalaman yang sangat berharga dan luar biasa terkait keberanian nyali untuk berwirausaha, kecepatan menemukan ide kreatif serta mengasah kemampuan leadership dengan membangun kerjasama tim yang solid di luar negeri ini akan sangat bermanfaat bagi masa depan para mahasiswa, tambahnya.