Deakin University – UTY Joint Internship International

Jalinan persahabatan yang akrab antara Mahasiswa UTY dan Deakin University

Jalinan persahabatan yang akrab antara mahasiswa UTY dengan mahasiswa Deakin University Australia

Wonderful experience, saya bisa belajar banyak hal sekaligus, mulai dari bisnis pada perusahaan small-medium di Indonesia, serta budaya dan bahasa Indonesia, ungkap Tegan West mahasiswa Deakin University, salah satu dari tujuh mahasiswa peserta program  International Joint Internship Deakin University – UTY 2016.

Mahasiswa Deakin University - Tegan West,  menyampaikan kesan-kesan di UTY

Mahasiswa Deakin University - Tegan West, menyampaikan kesan-kesan di UTY

Melalui program tersebut, selama 2 minggu terhitung mulai tanggal 14 Nopember 2016, mereka berkesempatan magang di dua perusahaan di Yogyakarta yakni di PT. BPR Bhakti dan di industri manufaktur PT. Yogya Presisi Teknikatama Industri (PT.YPTI). Selama magang mereka didampingi 7 mahasiswa UTY. Waktu dua minggu tersebut telah membuat jalinan persahabatan yang sangat akrab antara mahasiswa UTY dengan mahasiswa Deakin University.

Ungkapan senada disampaikan para peserta yang lain, diantaranya Timothy Els yang mengucapkan terima kasih kepada UTY dan para mahasiswa UTY yang telah banyak membantu memberikan banyak penjelasan, serta menjadi rekan diskusi yang sangat menyenangkan, sewaktu magang bersama. Menururt Timothy, dua minggu di Jogja merupakan pengalaman luar biasa yang tak terlupakan. Dia sangat senang berkolaborasi dengan mahasiswa UTY serta berjumpa dengan klien/perusahaan dan masyarakat yang semuanya sangat ramah.

Sedangkan Jordan Donaldson menyampaikan bahwa merupakan pengalaman yang indah dan sangat menarik, ketika mereka bekerja di lingkungan non-English speaking, suasana kerja dengan aturan bernuansa local wisdom, dan suasana penuh rasa saling menghargai. Senada dengan yang lainnya David Hu menambahkan bahwa mereka berharap para mahasiswa UTY juga bisa melakukan hal yang sama untuk belajar bisnis di Australia. Karena melalui program seperti ini banyak sekali manfaatnya, yakni untuk mengetahui bisnis dan lingkungannya di suatu wilayah baru yang barangkali belum dibayangkan sebelumnya. Dengan senang hati, mereka akan membantu, ungkapnya. David Hu berharap suatu saat nanti mereka akan tetap bisa bertemu lagi.

Penutupan International Joint Internship Deakin University - UTY 2016 di Kampus 1 UTY

Penutupan International Joint Internship Deakin University - UTY 2016 di Kampus 1 UTY

Sementara itu para mahasiswa UTY juga mengungkapkan hal sama, bahwa program joint internship tersebut telah memberikan banyak sekali pengalaman. Toni, salah satu mahasiswa UTY yang ikut mendampingi mahasiswa Deakin University mengungkapkan bahwa ia merasa beruntung bisa magang bersama teman-teman baru dari Deakin University. “Selain mendapat ilmu praktik bisnis di perusahaan, sekaligus mendapat pengalaman membangun tim dengan teman-teman baru dari berbagai negara. Sehingga bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, networking, dan rasa percaya diri”, ungkapnya. Mewakili teman-teman lainnya Toni menyampaikan terima kasih kepada UTY yang telah memberikan kesempatan yang sangat berharga ini. Begitu pula terima kasih kepada teman-teman baru dari Deakin University. Ia berharap untuk tetap jaga keep in touch, meski setelah ini mereka akan berpisah.