Naikkan Rangking Dunia Dengan Riset

Focus Group Discussion Dosen-dosen UTY dengan Dr. Achinto Roy dari Deakin Universit

Focus Group Discussion Dosen-dosen UTY dengan Dr. Achinto Roy dari Deakin University Australia

Riset merupakan elemen sangat penting bagi pengembangan kualitas pendidikan sebuah perguruan tinggi. Tanpa riset, ilmu yang diajarkan di perguruan tinggi hanya berdasar literatur-literatur terbelakang, yang asumsinya jarang diperbaharui lagi.  Oleh karena itu riset menjadi elemen utama dalam penentuan rangking perguruan tinggi khususnya di tingkat internasional, kata Dr. Achinto Roy Director International Office Deakin University Australia pada acara Focus Discussion Group (FGD), dengan dosen-dosen UTY. FGD dengan Achinto yang diselenggarakan di Kampus 1 UTY Kamis 24 Nopember 2016 tersebut diikuti oleh dosen-dosen UTY. Tidak hanya rangking  universitas, namun tulisan dan riset yang dipublikasikan akan meningkatkan reputasi diri dosen atau peneliti juga.

Dr. Achinto Roy menjelaskan hal-hal terkait riset dan publikasi internasional

Dr. Achinto Roy menjelaskan hal-hal terkait riset dan publikasi internasional

Dalam pengantar diskusi Achinto Roy mengatakan “kemampuan peneliti untuk menghasilkan penelitian-penelitian yang berkualitas internasional, dimulai dengan karya penelitian-penelitian sederhana”.  Sedangkan penelitian sederhanpun banyak yang diawali dengan pembiasaan diri menuangkan ide dalam tulisan berbentuk chapter-chapter  buku, yang selanjutnya dirangkum menjadi buku, tambahnya.

Untuk itu Achinto mengajak dosen-dosen UTY untuk meningkatkan budaya menulis, mulai dari chapter-chapter buku. Ia meyakinkan bahwa menulis buku itu tidak sulit, sebagaimana mempublikasikan hasil riset di jurnal-jurnal ilmiah. Karena menulis buku tidak harus melewati seleksi kualifikasi topik dan isi yang disyaratkan oleh sebuah jurnal, serta tidak harus direview oleh para reviewer.

Secara teknis Achinto menyarankan untuk dibentuk tim-tim dosen UTY untuk menulis chapter-chapter buku tertentu sesuai dengan bidang masing-masing. Achinto meyakinkan bahwa-hal-hal yang terkait Indonesia merupakan tema yang sangat menarik untuk ditulis dan diteliti.  Dari chapter-chapter tersebut nantinya bisa menjadi sebuah buku referensi.  Dalam kesempatan itu Achinto menawarkan untuk mencetak buku-buku tersebut dengan konsep kerjasama antara UTY dengan Deakin University. Buku-buku tersebut ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris agar bisa dikonsumsi oleh pembaca Internasional, khususnya di Australia, ungkapnya. Achinto yakin, bermula dari menulis buku-buku tersebut pastilah akan mendorong naluri untuk meneliti dan mempublikasikannya dalam jurnal-jurnal ilmiah.  Produktifitas dosen-dosen dalam menulis buku dan menghasilkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal-jurnal lmiah pasti akan menaikkan rangking universitas sekaligus meningkatkan reputasi dosen itu sendiri, kata Achinto dengan yakin.   

Di tempat terpisah Rektor UTY Prof. Bambang Hartadi, PhD, MM, CPA menyampaikan bahwa kehadiran Dr Achinto untuk memotivasi para dosen UTY dalam meneliti, terkait erat dengan visi jangka panjang UTY untuk menjadi Research University. Sedangkan dalam jangka menengahnya untuk mensukseskan dan mengisi kegiatan lembaga riset yang tengah dirancang yakni UTY Research Park.