Sejumlah Pakar Pendidikan Dunia Akan Hadir Pada ISQAE 2016 di UTY

Rektor UTY Prof. Bambang Hartadi, PhD, MM, CPA, menerima kedatangan Dekan Fakulti Pendidikan UTM, Malaysia, Prof. Baharuddin Aris, Ph,D.didampingi Wakil Rektor Bidang Akademis, Prof. Dr. Tri Gunarsih, MM dan Dekan Fakultas Pendidikan UTY Dr. Mustaqim Pabbajah, MA

Rektor UTY Prof. Bambang Hartadi, PhD, MM, CPA, beberapa waktu lalu menerima kedatangan Dekan Fakulti Pendidikan UTM, Malaysia, Prof. Baharuddin Aris, Ph,D.didampingi Wakil Rektor Bidang Akademis, Prof. Dr. Tri Gunarsih, MM dan Dekan Fakultas Pendidikan UTY Dr. Mustaqim Pabbajah, MA

International Seminar Quality and Affordable Education (ISQAE), merupakan konferensi tahunan yang secara rutin diselenggarakan oleh konsorsium Perguruan Tinggi pengelola Fakultas Pendidikan di dua negara Malaysia dan Indonesia. Saat ini terdapat enam perguruan tinggi yang termasuk dalam anggota konsorsium di antaranya, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), University of Malaya, Malaysia (UM), Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Universitas Negeri Manado (UNIMA), Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY). dan Universitas Muhammadiyah Makassar (UNISMUH).

Menurut Dekan Fakultas Pendidikan UTY Dr Mustaqim Pabbajah, MA, dipilihnya UTY sebagai penyelenggara ISQAE ke-5 dan juga perguruan tinggi swasta pertama yang menjadi anggota konsorsium, dikarenakan Fakultas Pendidikan UTY dipandang memiliki komitmen tinggi dalam memajukan dunia pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kegiatan internasional yang telah dieselenggarakan FPD-UTY. Sejalan dengan hal tersebut, Rektor UTY Prof. Bambang Hartadi, Ph.D, MM, CPA mengemukakan bahwa UTY akan terus mendukung inovasi dan kegiatan internasional, ini tentunya dapat menjadi creating value UTY di dunia internasional serta dapat mendukung dan mewujudkan visi dan misi menjadi UTY Unggul 2018 dan UTY Jaya 2022.

Seminar ini akan diselenggarakan di Ballroom The Sahid Rich Jogja Hotel pada tanggal 7-8 Desember 2016. Rencananya acara ini akan dihadiri oleh Menristek-Dikti RI Bapak Prof. Moh Nasir, Ph.D sebagai Keynote Speaker dan sekaligus membuka ISQAE 2016 secara resmi. Selain itu, ISQAE 2016 juga akan menghadirkan pakar-pakar bidang pendidikan tingkat dunia di antaranya, (Rektor UNJ, Jakarta) Prof. Dr. Djaali, (Wakil Rektor Bidang Akademik UTY), Prof. Dr. Tri Gunarsih, MM, (Dekan Fakulti Pendidikan UTM, Malaysia) Prof. Baharuddin Aris, Ph.D, (Rektor UNIMA Manado) Prof. Dr. Julyeta Runtuwene, (Dekan Fakulti Pendidikan University of Malaya, Malaysia) Prof. Mariani Md Noor, Ph.D. Prof. Kumar Laxman, Ph.D dari University of Auckland, New Zealand, (Vice President Far Eastern University Filipina) Jennifer S Florida, Ph.D, (Dekan Fakultas Pendidikan dan Fakultas Psikologi UTY) Dr. Mustaqim Pabbajah, MA, (Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unismuh, Makassar) Dr Andi Sukri Syamsuri, M.Hum, dan Dr. Reni Marlinawati, M.Pd (Komisi X Bidang Pendidikan DPR-RI).

Juhansar A Latif, MA selaku Sekretaris Panitia ISQAE 2016 mengatakan bahwa seminar internasional ini juga dirangkaikan dengan call for paper, di mana sampai saat ini panitia penyelenggara telah menerima sebanyak 150 judul paper dan abstrak yang berasal dari berbagai negara Asean, misalnya Malaysia, Indonesia, Thailand dan Filipina. Judul paper yang diterima akan diseleksi oleh tim reviewer dari anggota konsorsium ISQAE, kemudian setelah melalui direview, judul dan abstrak yang diterima akan dipresentasikan oleh presenter pada saat paralel session 7-8 Desember. Selain presenter, ISQAE kali ini sedianya dihadiri sebanyak 350 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, Malaysia dan Thailand, Filipina dan New Zealand.