UTY Menjadi Tuan Rumah Seminar Internasional

Universitas Teknologi Yogyakarta siap menyelenggarakan The Fifth International Seminar on Quality and Affordable Education (ISQAE) and Call for Paper pada tanggal 7-8 Desember 2016. Seminar internasional ini akan dilangsungkan di Imperial BallroomThe Sahid Rich Jogja Hotel, Yogyakarta. Seminar ini akan dihadiri oleh Menteri Riset-Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Bapak Prof. Moh Nasir, Ph.D sebagai Keynote Speaker dan sekaligus yang akan membuka ISQAE 2016 secara resmi. Selain itu, ISQAE 2016 akan dihadiri pula oleh anggota konsorsium internasional yang terdiri dari Universitas Negeri Jakarta, Universiti Teknologi Malaysia, Universitas Negeri Manado, University of Malaya (Malaysia), dan Universitas Muhammadiyah Makassar. Seminar ISQAE tahun 2016 ini juga mengundang para pendidik profesional dari negara-negara ASEAN. Hal ini dimaksudkan untuk memperluas jangkauan ISQAE ke seluruh negara ASEAN. Diharapkan dengan bertambah luasnya jaringan ISQAE, dapat menjadi pioner kemajuan pendidikan di ASEAN.

Seminar ini merupakan kelanjutan dari seminar-seminar ISQAE sebelumnya yang pertama kali diselenggarakan di Universitas Negeri Jakarta pada tahun 2012, kemudian di University of Malaya (Malaysia) pada tahun 2013, selanjutnya di Universiti Teknologi Malaysia (UTM) pada tahun 2014, dan Universitas Negeri Manado pada tahun 2015. Seminar ini akan banyak berdiskusi mengenai masalah-masalah pendidikan di kedua negara Indonesia dan Malaysia. Seminar ISQAE setiap tahunnya juga memberi rekomendasi kepada pemerintah kedua negara. Diskusi dan rekomendasi terkait dengan kebutuhan para pendidik profesional untuk mewujudkan pendidikan berkualitas dan terjangkau.

Pada ISQAE Tahun 2016 ini, Universitas Teknologi Yogyakarta, memilih tema “Enriching Quality and Providing Affordable Education through New Academia”. Peningkatan kualitas menjadi keyword disertai dengan penyediaan pendidikan yang terjangkau melalui paradigma akademis yang baru. Oleh karena itu seminar ISQAE kali ini mengundang banyak ahli untuk sharing dan diskusi dari sisi peningkatan kualitas institusi pendidikan tinggi, baik dari kalangan akademisi, praktisi dan pendidik profesional.

Dr. Mustaqim Pabbajah. MA, selaku Dekan Fakultas Pendidikan sekaligus sebagai Ketua Panitia Penyelenggara ISQAE 2016, mengatakan bahwa  Seminar ini mengundang dan mempertemukan segitiga pihak yang berkepentingan untuk kemajuan dunia pendidikan yaitu, pemerintah sebagai pengambil kebijakan, legislatif sebagai penguji legalitas kebijakan, dan akademisi, dalam hal ini institusi pendidikan tinggi sebagai perumus dan pembuat konsep kebijakan pendidikan. Dengan mengundang semua pihak yang berkepentingan tersebut, ISQAE kali ini diharapkan dapat mencetuskan ide yang inovatif yang mewakili semua kepentingan dan kebutuhan pendidikan di masa akan datang. Lebih lanjut Dr. Mustaqim Pabbajah mengungkapkan bahwa seminar ini juga akan mendiskusikan banyak hal baik yang bersifat strategis maupun teknis. Sub tema yang ditawarkan juga mencakup hampir semua sisi pendukung pendidikan yakni pedagogi dan andragogi, teknologi pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen pendidikan,  psikologi dan konseling, lingkungan hidup, bahasa, sosial, gender dan budaya, serta manajemen standar pendidikan kejuruan dan evaluasi pendidikan.

Rektor Universitas Teknologi Yogyakarta Prof. Bambang Hartadi, Ph.D, MM, CPA, mengemukakan bahwa UTY telah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memajukan dunia pendidikan baik itu instansi pemerintah maupun swasta, perusahaan-industri, dan lembaga-lembaga pendidikan  nasional dan internasional. Hal ini menunjukkan komitmen UTY membangun untuk dan UTY akan terus mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, hal ini menurutnya menjadi sesuatu yang sangat penting dalam rangka membangun peradaban dan kemajuan melalui pendidikan.