Mahasiswa Teknik Industri UTY Wakili Indonesia di Forum Internasional Inovasi Kereta Api Masa Depan

MFitra dan peserta lain di acara

M.Fitra Pratama dan peserta lain di acara The 2nd International Railway Vehicles Industrial Design Forum 2016 di Tiongkok.

M. Fitra Pratama, Mahasiswa Teknik Industri Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) merupakan satu-satunya mahasiswa Indonesia yang diundang dalam The 2nd International Railway Vehicles Industrial Design Forum 2016 di Tiongkok.The 2nd International Railway Vehicles Industrial Design Forum 2016, yang merupakan konferensi internasional dengan tujuan untuk meningkatkan inovasi desain industri kereta api dan mengidentifikasi jalur pembangunan berkelanjutan di dunia. Fitra, sapaan akrab mahasiswa semester tujuh ini diundang untuk mewakili Indonesia dan menerima penghargaan dari perusahaan kereta api terkemuka dunia, CRRC Co., Ltd. di Qingdao Sifang,Tiongkok, pada tanggal 17-18 September 2016.

Rancangan kereta api masa depan karya Fitra yang dibimbing oleh V.Reza Bayu Kurniawan, ST., M.Sc terpilih dalam 25 rancangan terbaik di dunia mengalahkan 256 karya lain yang diikutsertakan dalam International Train Design Competition 2016. Kompetisi internasional yang paling bergengsi di dunia dalam menyelesaikan berbagai permasalahan pembangunan bidang transportasi dengan konsep solusi green transportation technology.

Selain menerima penghargaan, Fitra juga berkesempatan mengikuti forum dan workshop internasional bertajuk  “High Speed Trains” dengan Mr. Jun Wang, Vice President CRRC Co., Ltd. dan Mr. Paul Priestman, Chairman Priestman Goode Limited sebagai pembicaranya. Forum internasional ini juga dihadiri oleh berbagai akademisi,praktisi, dan korporasi ternama di dunia seperti Art Curtin University, School of Media & Design Shanghai Jiao Tong University,  BMW Group DesignWorks, British European Design Group, Siemens (Shanghai) PLM Software, AUTODESK, LONGTEK CO., Ltd, Beijing Axis 3D Technology Co., Ltd dan masih banyak lainnya.

Selama lima hari di Tiongkok, Fitra juga berkesempatan melakukan company visit ke CRRC Qingdao Sifang Co, Ltd., untuk mengamati langsung proses pembuatan kereta api masa depan super cepat di  perusahaan lokomotif kereta api internasional ternama itu.

Desain kereta api masa depan karya M Fitra Pratama

Desain kereta api masa depan karya M Fitra Pratama

Kereta api masa depan yang dirancang Fitra adalah kereta api ramah lingkungan menggunakan electromagneticnic suspension system and turbines,  dengan bahan bakar listrik untuk mengurangi karbondioksida (CO2) yang diberi nama F-Train.

Sebuah studi pada tahun 2011, menunjukkan 15% gas CO2 berasal dari moda transportasi darat kendaraan pribadi. Sebagai contoh, gas CO2 yang berasal dari sepeda motor, mobil, dan bis dari Yogyakarta ke Surakarta yang dikeluarkan sebesar 36.014 ton pertahun. Hal inilah yang melatar belakangi Fitra untuk merancang kereta api dengan tenaga penggerak ramah lingkungan seperti electromagnetic suspension system (EMS), magnetic driver and braker, and driving turbines.Suspensi, kendali, dan pengereman pada kereta ini dirancang menggunakan electromagnetik, sedangkan turbin digunakan untuk mendukung energi listrik yang akan dihasilkan dan digunakan sebagai bahan bakar dalam kereta ini.

F-Train yang berbentuk kotak ini dapat mengoptimalkan fungsi kapasitas penumpang dan mekanisme sistem kereta api. Sementara oval dan panah adalah bentuk aerodinamis untuk mengurangi hambatan (barrier udara) setelah kereta melaju sehingga memenuhi fungsi kenyamanan kereta. Keselamatan dan nyaman desain kereta ini memiliki konsep yang unik dan futuristik yang berorientasi pada kemajuan teknologi. Terlebih lagi, F-Train dengan sistem teknologi hijau dan desain futuristik diharapkan mampu menarik pengguna kendaraan pribadi untuk menggunakan angkutan umum (F-Train) untuk mengatasi masalah kemacetan perkotaan dan mengurangi emisi global (CO2) karena kendaraan berbahan bakar fosil.

Komponen Kereta Api masa depan karya M Fitra Pratama

Komponen Kereta Api masa depan karya M Fitra Pratama

Selain desainnya yang futuristik dan ramah lingkungan, kereta ini juga memberikan dampak positif  yang besar bagi masyarakat dalam pengaplikasiannya. Dari segi sosial, kereta ini menjamin akses kebutuhan dasar konsumen seperti aman dan konsisten mengenai kehidupan manusia dan lingkungan. Sisi ekonomisnya, mampu beroperasi secara efisien dan terjangkau. Selain itu, mengingat kapasitas bumi untuk menyerap emisi dan limbah, kereta ini mampu membantu dengan meminimalkan konsumsi sumber daya konvensional maupun energi non-terbarukan.  Fitra mengaku bangga telah membawa hasil terbaik mengharumkan almamater dan Indonesia dalam inovasi teknologi di kancah internasional.

Sementara itu, Ferida Yuamita, S.T., M.Sc selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Teknik Industri UTY juga berbangga atas raihan prestasi mahasiswanya. Menurutnya, ini merupakan bukti nyata Program Studi Teknik Industri dalam mencapai visinya dengan menunjukkan eksistensinya dalam kompetisi nasional maupun internasional. “Seluruh Mahasiswa Teknik Industri akan difasilitasi untuk mendapatkan global experiences supaya mempunyai kepercayaan diri di kancah internasional dengan pengalaman dan pengetahuan  yang didapatkan saat dia menuntut ilmu di UTY” tambah Ferida Yuamita.