KOPMA UTY : Usia 18, Usia Mulai Dewasa dan Matang Dalam Berbisnis

Ketua KOPMA UTY Sri Handayani sedang memberikan sambutan

Ketua KOPMA UTY Sri Handayani sedang memberikan sambutan

Tahun 2016 ini Koperasi Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (KOPMA UTY) genap berusia 18 tahun. Berbagai kegiatan dilakukan bertajuk HUT usia tersebut. Dalam kata sambutan pada acara puncak kegiatan HUT yang diselenggarakan di Kampus 1 UTY, Ketua KOPMA UTY Sri Handayani menyampaikan bahwa usia 18 sudah merupakan usia yang mulai matang, khususnya dalam berbisnis. Dengan usia ini KOPMA UTY, sudah harus mulai berpikir layaknya pebisnis yang matang, yakni memiliki kedewasaan serta pemikiran bisnis besar dan maju. Dimulai dari usia 18 ini, ke depan KOPMA UTY akan berupaya terus berkembang dengan cakupan lebih besar dan lebih luas serta mengikuti trend model pengelolaan bisnis modern yang terus berkembang saat ini, ungkap Sri Handayani.

Suasana keramaian Bazaar, dengan stand dari mahasiswa UTY dan beberapa perguruan tinggi lainnya

Suasana keramaian Bazaar, dengan peserta mahasiswa UTY dan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi lainnya

Ia menyampaikan bahwa berbagai kegiatan HUT kali ini, bermuara pada upaya menumbuhkan minat berwirausaha dan berkoperasi. Diantaranya lomba tangkas trampil koperasi, membuat bisnis plan, workshop online business dan bazaar.  Terkait dengan lomba tangkas trampil koperasi. Sri Handayani menyampaikan bahwa lomba tersebut dimaksudkan untuk merangsang mahasiswa untuk mempelajari dan memahami seluk-beluk, tata kelola, dan hal-hal yang terkait dengan koperasi.  Dalam beberapa tahun terakhir ini KOPMA UTY selalau menjadi langganan juara lomba tangkas trampil koperasi tingkat propinsi DIY, tambahnya.  Lomba membuat bisnis plan dimaksudkan  untuk menumbuhkan minat berwirausaha kepada mahasiswa. Sedangkan bazaar dimaksudkan untuk melatih mahasiswa untuk berani mencoba melakukan action dalam berbisnis.  

Dr. Eko Setyo Humanika, MHum Wakil Rektor UTY sedang menyampaikan sambutan

Dr. Eko Setyo Humanika, MHum Wakil Rektor UTY sedang menyampaikan sambutan

Dalam kata sambutan mewakili Rektor UTY, Dr. Eko Setyo Humanika, M.Hum Wakil Rektor yang menangani kegiatan mahasiswa menyampaikan bahwa KOPMA UTY sangat credible. Di saat KOPMA yang lain banyak yang tidak berembang atau malah  mati,  KOPMA UTY  bisa bertahan dan bahkan terus berkembang dengan kepengurusan yang solid sampai usia 18 tahun saat ini. Untuk itu ia sangat mengapresiasi kepada KOPMA UTY, kata Eko Setyo Humanika. Merujuk tema peringatan HUT kali ini yakni Cooperatif in Harmony, Eko berharap keharmonisan dalam pengelolaan KOPMA UTY yang selama ini telah terjalin untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan. Begitu pula keharmonisan dengan pihak Kampus.

Sementara itu Sigit Dwinanto, SPt, MT dari Departemen Koperasi DIY menyampaikan bahwa KOPMA UTY merupakan koperasi mahasiswa yang masuk kategori bagus di DIY. Iapun merasa salut dengan konsistensi perkembangan KOPMA UTY dan prestasi-prestasi yang sering diraih KOPMA UTY dalam berbagai even yang diselenggarakan Departemen Koperasi. Jika ada kegiatan Departemen Koperasi yang melibatkan KOPMA, maka yang teringat dan selalu dilibatkan oleh Departemen Koperasi adalah KOPMA UTY, ungkap Sigit Dwinanto.

Sedangkan Dito dari TAPP meberikan workshop tentang bisnis online. Sebagai pelaku bisnis jaringan online pada kesempatan tersebut menawarkan kepada para peserta warkshop untuk bisa bergabungdan memiliki bisnis online berbasis TAPP.