Story Telling Competition, Ajang Peningkatan Soft Skill Siswa

Para Juara  UTY Story Telling Competition 2016, Foto bersama Dekan dan Wakil Dekal Fakultas Pendidikan UTY, dan Kaprodi PBI UTY

Para Juara UTY Story Telling Competition 2016, Foto bersama Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Pendidikan UTY, serta Kaprodi PBI UTY

Story telling competition merupakan salah satu ajang yang baik dan menarik untuk meningkatkan softskill, berupa kemampuan public speaking. “Merupakan diferensiasi tersendiri, jika story teller dapat menyampaikan pesan cerita secara menarik kepada para pendengarnya, melalui penuturan bahasa yang prima, memiliki pemahaman tinggi atas suatu cerita/pengetahuan, dan mampu memaknainya secara mendalam dengan kontrol penjiwaan/emosi yang baik”, kata Kepala Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Teknologi Yogyakarta (PBI-UTY) Sayit Abdul Karim, MA.

Oleh karena itu, di penghujung tahun 2016 ini PBI UTY menggelar story telling competition bagi siswa SLTA tingkat DIY. Mengingat arti penting peran kemampuan bahasa Inggris dalam persaingan SDM di tingkat internasional, dan melihat besarnya animo peserta dalam mengikuti kegiatan story telling competition tersebut, Sayit Abdul Karim merencanakan akan menyelenggarakan kegiatan serupa secara rutin setiap tahunnya. Grand design dari kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk mendukung tercapainya UTY Unggul tahun 2018 dan UTY Jaya 2022, ungkap Sayit Abdul Karim.

Sementara itu Dr. Mustaqim Pabbajah, M.A, Dekan Fakultas Pendidikan UTY dalam sambutannya sekaligus menutup acara kompetisi, menyambut baik kegiatan ini dan berharap agar siswa terus berlatih dan meningkatkan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan dalam bahasa Inggris guna memiliki global competitiveness. Ajang ini merupakan upaya untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris siswa sekaligus sebagai evaluasi hasil belajar di sekolah, tambahnya.

Selama perlombaan, para story teller sangat bersemangat dan antusias membawakan cerita dalam bahasa Inggris. Penggunaan berbagai property dan media untuk menunjang tema cerita menjadi nilai tambah bagi story teller. Decak kagum dari penontonpun terdengar sepanjang acara perlombaan. Lomba yang diikuti oleh para siswa dari berbagai SMA/SMK sederajat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini dinilai oleh tiga juri yang berpengalaman di berbagai ajang kompetisi bahasa Inggris.

Dari hasil penilaian para juri, ditetapkan Rudi Hartoko, dari SMK N 3 Yogyakarta terpilih menjadi juara 1, dan Dinda Egga Oktamara dari SMK Muhammadyah 1 Imogiri Bantul sebagai juara 2, sedangkan juara 3 diraih oleh Ryan Susanso dari MAN Gandekan Bantul. Sebagai wujud appresiasi kepada pemenang lomba, Suryo Sudiro, S.S., M.Hum, selaku Wakil Dekan Fakultas Pendidikan atas nama panitia penyelenggara menyampaikan hadiah berupa trophy dan uang pembinaan untuk masing-masing pemenang 1, 2, dan 3, serta sertifikat partisipasi untuk seluruh peserta lomba.