Hasil Penelitian Tiga Dosen UTY Dipresentasikan di Malaysia

Nararya Rahadian Budiono, MPd sedang mempresentasikan hasil penelitannya di Malaysia

Nararya Rahadyan Budiono, SPd., MPd sedang mempresentasikan hasil penelitannya di Malaysia

Hasil penelitian tiga dosen Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), dipresentasikan pada ajang International Conference on Applied Counseling and Psychology (ICACP) 2017 di Le Grandeur Palm Resort, Johor Bahru-Malaysia. Konferensi yang diselenggarakan oleh Universiti Teknologi Malaysia (7-8 Februari 2017) tersebut diikuti oleh lebih dari 300 peserta dan presenter dari berbagai negara, diantaranya Inggris, Nigeria, Indonesia, Malaysia, India, Vietnam, Brunei Darussalam, China, Iran, Amerika, dan Pakistan.

 Dalam konferensi yang bertajuk  “Enriching Psychological Health and Well-Being” tersebut,  dosen UTY yakni Nararya Rahadyan Budiyono, S.Pd., M.Pd (Program Studi Bimbingan dan Konseling), mempresentasikan hasil penelitiannya bersama Suryo Sudiro, SS., M.Hum (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ), dan Adityo Permana Wibowo, ST., M.Cs (Program Studi Teknologi Informasi), yang  berjudul “The Effectiveness of Expressive Writing And Social Media As Emotionla Release”.  Nararya menyampaikan bahwa penelitian mereka dilandasi ketertarikannya terhadap fenomena merebaknya penggunaan media sosial, yang digunakan sebagai upaya responsive dini untuk mengurangi tekanan psikologis. Yakni dengan cara mengekspresikan dirinya dalam status media sosial. Fenomena ini terus meningkat di era teknologi informasi ini, kata Nararya. Nararya dan kawan-kawan melakukan penelitian dengan mengkolaborasikan tiga aspek yakni psikologi, sastra bahasa, dan teknologi informasi.

Lebih lanjut Nararya mengungkapkan bahwa penelitiannya terkait tentang efektifitas media sosial sebagai sarana mengungkapkan masalah guna mengurangi tekanan psikologis. Adapun responden yang digunakan berjumlah 150 akun media sosial, yang dipilih secara purposive sampling. Ia menyampaikan bahwa motivasi mengangkat masalah tersebut sebagai bahan penelitian, karena trend penggunaan status media sosial untuk mengekspresikan diri, terus meningkat seiring berjalannya waktu dan semakin merambahnya fasilitas/sarana untuk menggunakan media sosial di masyarakat.

Adapun hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang positif terhadap pengguna media sosial yang mengungkapkan masalah melalui media sosial. Ketiga peneliti itu menyimpulkan bahwa perkembangan dan pemanfaatan produk teknologi beserta berbagai kemutakhiran yang mengikutinya adalah hal yang tidak dapat dihindari. Selain itu, upaya mengungkapkan perasaan dan pemikiran di media sosial itu sendiri merupakan langkah awal proses terapi dalam mengurangi beban depresi. Namun kearifan dan sikap bijaksana dalam penggunaan berbagai produk teknologi tersebut adalah suatu hal yang perlu ditanamkan dewasa ini, terutama nilai-nilai etis dalam bertutur kata di media sosial, jelas Nararya.

Di tempat terpisah Wakil Rektor Bidang Akademik UTY Dr. Ir. Arief Hermawan, MT memberikan apresiasi kepada dosen-dosen UTY yang telah sukses melakukan penelitian. Selain penelitian menjadi salah satu kewajiban seorang dosen, penelitian juga dapat memberikan makna sangat positif baik bagi peneliti, universitas, maupun dunia pendidikan pada umumnya. Terlebih lagi penelitian tersebut dapat diterima di forum internasional. Sehingga dapat memberikan global experience serta meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi yang tinggi untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan skala dan kualitas internasional. Arief Hermawan berharap, ke depan akan banyak dosen UTY yang  mempresentasikan hasil-hasil penelitiannya di forum internasional serta bisa dipublikasikan di jurnal ilmiah internasional.