Kapolda DIY Resmikan Pos Polisi Bantuan UTY

Kapolda DIY membuka Selubung didampingi Rektor UTY, Kapolres Sleman, dan Kepala Desa Catur Tunggal

Kapolda DIY membuka Selubung didampingi Rektor UTY, Kapolres Sleman, dan Kepala Desa Catur Tunggal

Kamis (16/2/17) Kapolda DIY, Brigjend Pol. Ahmad Dofiri meresmikan Pos Polisi Sabhara di Babarsari  Depok Sleman. Peresmian Pos Polisi yang dibangun oleh Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) tersebut ditandai dengan pembukaan selubung papan nama dan pemotongan tumpeng oleh Kapolda DIY. Peresmian dihadiri oleh Kapolda DIY, Rektor UTY, Bupati Sleman, Kapolres Sleman, Muspika Kec Depok, Kepala Desa Catur Tunggal dan tamu undangan.

Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA memberikan sambutan

Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA memberikan sambutan

Dalam sambutannya,  Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM, Akt, CA menyampaikan bahwa UTY senantiasa ikut dalam membangun peradaban bangsa.  Kerjasama dengan Kepolisian diantaranya dengan membangun Pos-pos Polisi merupakan salah satu wujud membangun peradaban bangsa dalam lingkup kecil, yakni menciptakan lingkungan yang aman damai dan kondusif, untuk terciptanya masyarakat yang lebih baik.  Bambang Moertono yang baru menjabat Rektor selama sebulan tersebut, mengakui bahwa ide membangun pos polisi lahir dari Rektor sebelumnya yakni Alm. Prof. Bambang Hartadi, PhD, MM., CPA yang kini sudah wafat. Namun ia menyampaikan bahwa ia akan meneruskan program-program dari Rektor sebelumnya, termasuk program kerjasama dan sinergi positif  dengan Kepolisian yang sudah berjalan sangat baik selama ini. Ia mengakui bahwa pembangunan Pos Polisi Babarsari ini belum sempurna 100%. Namun ia berjanji akan memberikan yang terbaik bagi Kepolisian terkait penyempurnaan bangunan pos tersebut.

Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA memberikan sambutan

Pos Sabhara Polres Sleman di Babarsari, Depok, Sleman

Sedangkan Ahmad Dofiri dalam sambutannya mengatakan “hari ini merupakan hari yang membahagiakan bagi dirinya. Pertama, kemarin (15/2) Pilkada di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulonprogo berjalan lancar, aman, dan tertib. Kedua, hari ini mendapat bantuan Pos Polisi berlantai 2 yang megah di Babarsari Depok Sleman, dari Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY).” Untuk itu ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh Pimpinan UTY khususnya Rektor UTY. “Sungguh luar biasa UTY telah membangun tiga Pos Polisi”, tambahnya.  Ia mengungkapkan, kalau dua pos polisi sebelumnya berlokasi di Kronggahan dan Jombor, memang dekat dengan Kampus UTY.  Namun dengan dibangunnya Pos Polisi di Babarsari yang sebenarnya jauh dari Kampus UTY, menunjukkan ketulusan UTY dalam bekerjasama dengan Polisi untuk menciptakan keamanan masyarakat, lanjut Ahmad Dofiri.

Ia menyampaikan, bahwa ia ingat beberapa tahun lalu sewaktu masih menjabat sebagai Wakapolda DIY, ia berdiskusi dengan Rektor UTY kala itu,  yakni Alm. Prof. Bambang Hartadi tentang keresahan masyarakat atas kerawanan kejahatan di perempatan Jl. Kabupaten dengan Jl Ringroad Utara di Kronggahan, terkait banyaknya anak jalanan, premanisme,  dan kejahatan lain di sekitar perempatan itu.  Saat itu Alm Prof Bambang Hartadi memiliki ide membangun Pos Polisi Sabhara di Kronggahan. Dan hasilnya sangat positif. Kerawanan kejahatan hilang dan keresahan masyarakat hilang, kata Ahmad Dofiri.

Kapolda DIY, Rektor UTY,  Bupati Sleman, dan Kaplores Sleman berbincang akrab saat peninjuan Gedung Pos Sabhara Polres Sleman di Babarsari usai upacara peresmian

Kapolda DIY, Rektor UTY, Bupati Sleman, dan Kaplores Sleman berbincang akrab saat peninjuan Gedung Pos Sabhara Polres Sleman di Babarsari usai upacara peresmian

Menurutnya, Pos Polisi di Babarsari ini merupakan pos yang sangat strategis, karena daerah Babarsari selama ini dikenal dengan daerah yang rawan terhadap berbagai gangguan kejahatan. Sehingga kehadiran Pos ini diharapkan akan memberikan rasa aman bagi masyarakat.   

Dalam kesempatan itu Ahmad Dofiri juga memuji visi dan tujuan pendidikan yang ditetapkan UTY yang menyebutkan “menghasilkan lulusan yang unggul dalam kompetensi dan bermoral.” Menurutnya dengan tujuan tersebut UTY telah menerapkan konsep amar makruf nahi mungkar. Amar makruf dengan menghasilkan lulusan-lulusan yang bermoral. Sedangkan nahi mungkar dilakukan dengan membantu polisi, berupa pembangunan fasilitas Pos-pos Polisi yang sangat besar manfaatnya untuk mengurangi/mencegah kemungkaran berupa kejahatan di masyarakat.