Berbahasa Inggris Praktis dengan English Conversation Forum

Native speaker Australindidikan UTYa di hadapan mahasiswa Prodi Pendidikan UTY

David Rawson, seorang nativespeaker dari Canberra, Australia dihadapan mahasiswa Prodi Pendidikan UTY

Mengenal dunia luas dan memahami orang yang berasal dari negara lain menjadi sangat penting saat ini. Karena dengan mengenal demografi negara lain dapat menjadi daya tarik dan motivasi tersendiri dalam percakapan bahasa Inggris. Hal itu menjadi alasan khusus Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Pendidikan Universitas Teknologi Yogyakarta mengadakan ENGLISH CONVERSATION FORUM 17 March 2017 di kampus 1 UTY. Forum yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa Prodi PBI UTY itu mengundang David Rawson, seorang nativespeaker dari Canberra, Australia.

David Rawson, adalah seorang perwira militer Australia yang sedang menyelesaikan tugas belajar di program doktor (S3) Ilmu-ilmu Humaniora di UGM, mengajak peserta forum berdiskusi tentang Australian and Indonesian. Dave, nama panggilannya, memulai diskusi dengan mendeskripsikan Australia dan penduduknya. Dengan pemahaman antropologinya, kemudian dia bercerita tentang pengalaman-pengalamannya selama studi di Indonesia.

Peserta forum sangat antusias menyimak dan pada sesi tanya-jawab banyak pertanyaan diajukan kepada Dave. Tampaknya mereka tidak mau melewatkan kesempatan untuk berbahasa Inggris langsung dengan seorang native speaker. Tidak melenceng dari tujuan forum, para peserta forum memanfaatkan secara maksimal waktu bersama David Rawson. Mereka seperti menyadari bahwa belajar bahasa Inggris tidak akan berguna banyak tanpa praktek berbicara secara langsung.

Mahahsiswa UTY antusias menyimak apa yang di paparkan David

Mahahsiswa UTY antusias menyimak apa yang di paparkan David Rawson

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, melalui Kaprodi PBI UTY, Suryo Sudiro M. Hum., akan terus memfasilitasi mahasiswa PBI dan mahasiswa prodi lain di UTY untuk meningkatkan level kemampuan bahasa Inggris mereka. Semua kegiatan yang akan diadakan PBI akan bertujuan untuk hal itu. Fakultas Pendidikan UTY pun selalu mendukung kegiatan yang berorientasi untuk pengembangan kemampuan mahasiswa Fakultas Pendidikan UTY khususnya dan Universitas Teknologi Yogyakarta Umumnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Dekan Fakultas Pendidikan UTY Dr. Mustaqim Pabbajah, MA. mengungkapkan bahwa peningkatan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa sebaiknya dilakukan dengan berbagai strategi dan pendekatan. Salah satu cara yang dilakukan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UTY ini merupakan strategi yang efektif, karena proses pembelajarannya lebih praktis dengan listeningdan conversation secara langsung dari native speaker. Selain itu, menurut Dr. Mustaqim lebih menarik lagi forum ini dilaksanakan dengan pendekatan komparatif dua negara (Australia-Indonesia) dan melihat Indonesia dari perspektif outsisder, tentunyaini akan menjadi stimulasi mahasiswa untuk lebih proaktif dalam berinteraksi dengan native speaker yang notabene harus Berbahasa Inggris.