Strategi Bisnis Agar Tumbuh Berkelanjutan

Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA memberikan sambutan

Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA memberikan sambutan

Menyambut mahasiswa baru angkatan ke-25, Program Magister Manajemen  Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), menyelenggarakan Kuliah Perdana dengan menghadirkan Tentaminarto, TF, Presiden Direktur PT Pupuk Indonesia Energi. Kuliah Perdana yang diselenggarakan Sabtu 25 Februari 2017 tersebut bertema “Peran Manajer Puncak Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Perusahaan secara Berkelanjutan.”

Dalam sambutannya Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM, Akt., CA.  menyampaikan bahwa UTY akan senantiasa mengelola pendidikan yang berkualitas. Salah satu upayanya adalah menghadirkan praktisi yang menjadi Presiden Direktur perusahaan nasional saat ini. Untuk itu ia meminta kepada para mahasiswa MM UTY yang akan memulai kuliah S2 di UTY untuk bisa mengikuti semua kegiatan perkuliahan dan belajar dengan sebaik-baiknya. “Hindari sejauh-jauhnya plagiasi dalam setiap karya” pinta Bambang Moertono. Iapun berpesan elama mengikuti kegiatan perkuliahan di kelas, para mahasiswa khususnya yang sudah bekerja, harap menanggalkan semua kedududkan, jabatan dan atribut lainnya, agar terjadi iklim perkuliahan yang kondusif dan berkualitas.

Dalam kuliah perdana yang dipandu oleh Dr. Setiyono, Direktur Program Magister Manajemen UTY tersebut,  Tentaminarto menyampaikan bahwa didirikannya PT Pupuk Indonesia Energi  (anak perusahaan PT Pupuk Indonesia Persero) pada tanggal 18 Agustus 2014 lalu, dimaksudkan untuk memproduksi dan mensuplai energi dan utilitas khususnya ke perusahaan-perusahaan di lingkungan kelompok usaha PT Pupuk Indonesia Persero diantaranya PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Kujang Cikampek, PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Pupuk Iskandar Muda, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, dan PT Rekayasa Industri. Kehadiran PT Pupuk Indonesia Energi (PI-Energi) mempunyai misi menjaga keberlangsungan usaha dan daya saing perusahaan pupuk di grup PT Pupuk Indonesia Persero melalui efisiensi biaya produksi, penghematan energi, dan penggunaan teknologi ramah lingkungan.

PRESDIR PT Pupuk Indonesia Energi, Tentaminarto TF sedang memberikan materi Kuliah Perdana di Program MM UTY

PRESDIR PT Pupuk Indonesia Energi, Tentaminarto TF sedang memberikan materi Kuliah Perdana kepada Mahasiswa Baru Program MM UTY angkatan ke-25, didampingi moderator Dr. Setiyono , Direktur Program MM UTY

Lebih lanjut Tentaminarto menyampaikan bahwa untuk menjalankan misi tersebut, manajer puncak memiliki peran yang sangat penting, terutama dalam meningkatkan pertumbuhan perusahaan secara keberlanjutan. Menurutnya manajer puncak harus memiliki visi jauh ke depan agar bisa mengarahkan perusahaan pada track yang benar. Kesuksesan bisnis pada saat sekarang akan menjadi kurang bermakna dan kurang disukai oleh investor, jika ternyata pada masa depan trend-nya menurun dan suram. Strategi perusahaan yang baik adalah strategi yang bisa menjadikan perusahaan tumbuh secara berkelanjutan. Selain itu, manajer puncak juga dituntut mampu me-manage SDM yang ada di perusahaan. Dalam kesempatan itu Tentaminarto secara detail menjelaskan fungsi-fungi dari elemen-elemen manajemen bisnis modern, dan strategi agar bisnis tumbuh berkelanjutan.

Secara khusus Tentaminarto menyampaikan kiat sukses pimpinan puncak sebuah perusahaan, dengan menerapkan konsep 5i.  Iapun menjelaskan secara gamblang kelima i tersebut. I pertama adalah ilmu. Dalam hal ini, manajer puncak harus memiliki banyak ilmu, serta terus belajar. I kedua adalah informasi. Manajer puncak tidak boleh ketinggalan informasi yang penting bagi kelangsungan dan perkembangan usaha. I ketiga adalah integrity, yakni manajer puncak harus memiliki hati yang bersih, profesional dalam bekerja, serta melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati. I keempat adalah intuisi. Kemampuan membaca dan memperkirakan masa depan (intuisi) sangat penting, karena masalah besar dalam perusahaan adalah menemukan sustainable income di masa depan dalam lingkungan bisnis yang terus berubah saat ini.  Dan i kelima adalah inshaAlloh. Menurutnya apapun yang direncanakan dan diupayakan manusia, hasilnya tetap di bawah kendali dan kuasa Tuhan. Untuk itu ia mengajak untuk mengiringi segala upaya yang dilakukan dengan selalu berdo’a kepada Tuhan.