Deakin University Kembali Kirim Mahasiswa Ke UTY

Mahasiswa Deakin University  foto bersama Mahasiswa UTY di Kampus 1 UTY

Mahasiswa Deakin University - Australia, foto bersama Mahasiswa UTY di Kampus 1 UTY

Deakin University Australia kembali mengirimkan para mahasiswanya ke Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY). Sebanyak 17 mahasiswa Deakin University mulai mulai tanggal 10  hingga 21 April 2017 ini, dikirim ke UTY untuk menjalankan International Joint Internship Program. Dalam acara penutupan joint internship tersebut, Jum’at 21 April di Kampus 1 UTY Dr. Eko Setyo Humanika, M.Hum Deputy Rektor Bidang Kerjasama Internasional menyampaikan bahwa pengiriman mahasiswa kali ini merupakan pengiriman yang keempat kalinya. Program joint internship ini terselenggara atas kerjasama antara UTY dengan Deakin University yang telah ditandatangani beberapa waktu lalu.

Dalam membuat internship para mahasiswa Deakin University tersebut melakukan magang di perusahaan-perusahaan yakni PT BPR Danagung Bhakti, PT.Yogya Presisi Teknikatama Industri (PT.YPTI), PT. Karya Sehati Utama (KSU), PT. Sari Rosa Asih, dan di Bothwell Furniture. Selama melakukan kegiatan magang para mahasiswa Deakin University didampingi oleh mahasiswa UTY. Proses pendampingan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa UTY, yakni bisa magang sekaligus praktik membangun international teamwork dengan mahasiswa asing, yang sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Dr. Eko Setyo Humanika, MHum dan Dr. RY Rajaban, M.Hum berbincang akrab dengan Mahasiswa Deakin University di Kampus 1 UTY

Dr. Eko Setyo Humanika, MHum dan Dr. RY Rajaban, M.Hum berbincang akrab Mahasiswa Deakin University di Kampus 1 UTY

Saat penutupan tersebut seluruh mahasiswa peserta Joint Internship dari Deakin University merasa sangat senang, karena mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dalam pengelolaan perusahaan kategori Small Medium Enterprises (SME). Menurut mereka pengalaman seperti ini tidak diperoleh selama kuliah di Australia.  Selama di perusahaan-perusahaan para mahasiswa diajak mengunjungi klien-klien.  Diantaranya mereka yang magang di BPR diajak melakukan analisa terhadap calon-calon nasabah. Sedangkan mereka yang magang di industri furniture ikut menangani pameran.

Dari pengalaman selama dua minggu magang dan tinggal di Jogja, para mahasiswa Deakin University tersebut mengungkapkan bahwa mereka telah mengambil banyak pelajaran kehidupan di Jogja dan di perusahaan tempat magang. Baik dari sisi bisnis, keragaman maupun budaya. Mereka yakin, ke depan mahasiswa Deakin University yang mengikuti program joint internship bersama UTY akan lebih banyak lagi.  Sementara itu Eko Setyo Humanika berharap, UTY dapat mengirimkan mahasiswanya ke Deakin University dalam program yang serupa, di waktu yang akan datang.

Dalam kesempatan terpisah Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt, CA menyampaikan bahwa UTY akan terus mengembangkan kerjasama baik dengan Universitas-universitas di dalam dan luar negeri, maupun perusahaan-perusahaan di dalam dan luar negeri.