Inginkan Perubahan Cepat, UTY Gelar Rapat Koordinasi

Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM sedang memaparkan materi dihadapan peserta rapat koordinasi Rektorat, Dekanat dan Kaprodi

Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM sedang memaparkan materi dihadapan peserta rapat koordinasi Rektorat, Dekanat dan Kaprodi

Rektor Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt, CA menggelar rapat koordinasi tingkat Rektorat, Dekanat dan Kaprodi di lingkungan UTY, Sabtu 22 April 2017. Bambang Moertono menyampaiakn bahwa rapat koordinasi yang diselenggarakan di Kampus 1 UTY tersebut digelar terkait dengan keinginan Pimpinan UTY untuk melakukan evaluasi dan perubahan secara cepat. Menururtnya perubahan perlu dilakukan mulai dari mindset, manejemen/pengorganisasian, proses belajar mengajar, kurikulum, sikap dan perilaku organisasi, aturan kepegawaian, sampai corporate culture.  Hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan gagasan besar UTY yakni ‘Membangun Peradaban Bangsa”, tambahnya. Untuk itu ia mengajak seluruh civitas academica UTY untuk meningkatkan kepedulian terutama kepada mahasiswa, dan bersemangat untuk berubah menuju yang lebih baik. Ke depan ia menginginkan semua kegiatan dan program yang ada di UTY dapat lebih terstruktur dan terdokumentasi. 

Para Wakil Rektor, Dekan, dan Kaprodi di Lingkungan UTY menyimak pemaparan materi dari Rektor UTY

Para Wakil Rektor, Dekan, dan Kaprodi di Lingkungan UTY menyimak pemaparan materi dari Rektor UTY

Bambang Moertono mengakui, untuk melakukan perubahan tersebut memang bukan tanpa kendala, karena banyaknya hal yang harus dilakukan perubahan.  Dalam kesempatan itu ia menyampaikan bahwa mulai saat ini Prodi-prodi harus menyiapkan workshop prodi dengan menghadirkan pihak-pihak luar yang berkompeten baik bidang akademik maupun praktik. Dengan workshop ini diharapkan kita bisa menilai secara objektif bagaimana kualitas prodi yang ada selama ini, sekaligus merancang kualitas yang ditargetkan untuk masa mendatang. Untuk itu, ia mendorong para Kaprodi agar lebih kreatif dalam merancang mata kuliah yang sesuai dengan tuntutan jaman, dengan tetap berpedoman pada aturan-aturan yang berlaku di Indonesia. Salah perubahan yang segera diterapkan adalah penggantian magang kerja untuk tugas akhir mahasiswa, yang akan diganti dengan Skripsi. Perubahan ini didasarkan pertimbangan akan pentingnya penelitian. Untuk itu ia akan menyiapkan skema agar metode penelitian terapan dapat diajarkan, dan secara mudah dapat diterima dan dipahami oleh mahasiswa.  

Bahagia Tarigan, SE., MSi, Akt., CA, CPA Wakil Rektor Bdang Keuangan dan SDM mengatakan “langkah Rektor UTY untuk melakukan perubahan harus kita dukung bersama”.  Terkait rancangan kegiatan yang lebih terstruktur, Tarigan meminta kepada seluruh Kaprodi dan Dekan, untuk lebih terstruktur pula dalam mengajukan pendanaan. Ia menjamin bahwa kegiatan Prodi dan Fakultas pasti akan didukung asalkan sesuai dengan Visi UTY. Silahkan ajukan proposal dua minggu sebelum acara, tambahnya. 

Sedangkan Dr. Ir. Arief Hermawan, MT Wakil Rektor Bidang Akademik UTY menyampaikan bahwa komitmen akademik UTY yang dituangkan dalam komitmen Prodi-prodi di UTY adalah  ‘bisa mengantarkan para mahasiswa, agar cepat lulus, cepat mendapat pekerjaan yang berkualitas, dan sukses meniti karier’. Untuk itu iapun menganjurkan kepada para Kaprodi agar bisa memberikan bekal kompetensi yang memadai kepada mahasiswa.

Sementara itu Drs. Surya Darmawan, MM Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaa UTY menyampaikan berbagai prestasi yang telah diraih mahasiswa UTY dalam beberapa waktu terakhir ini, termasuk keberhasilan mendapatkan hibah dari karya ilmiah dan penelitian.