Membangun Aplikasi Android dengan IBM Bluemix

Mahasiswa UTY antusias mengikuti workshop 'Membangun Aplikasi Android dengan IBM Bluemix'

Mahasiswa UTY antusias mengikuti workshop 'Membangun Aplikasi Android dengan IBM Bluemix'

Wawasan mahasiswa dalam bidang pemrograman android perlu selalu diperbaharui agar dapat mengikuti perkembangan teknologi. Android studio atau Eclips merupakan tool pemrograman yang banyak digunakan oleh pengembang android.  Manajemen Informatika UTY bekerjasama dengan partner IBM menyelenggarakan workshop tentang pemrograman android. Workshop ini mengambil tema “Membangun Aplikasi Android dengan IBM Bluemix”.

Workshop Premrograman Android dengan IBM Bluemix dilaksanakan minggu lalu tersebut berlangsung selama dua hari dimulai pukul 07.00  sampai pukul 16.00 WIB dengan peserta adalah 40 Mahasiswa D3 Manajemen Informatika.  Workshop ini terbagi dalam empat sesi dengan nara sumber Tesya Nurintan dan Habibi Mustafa. Para narasumber merupakan Partner IBM di Jogja, yang memiliki spesialis internet of thing (IOI).

Iwan Hartadi Tri Untoro, S.T., M.Kom., selaku Ketua Program Studi D3 Manajemen Informatika UTY menjelaskan bahwa dalam pemrograman mobile, IBM menawarkan solusi praktis dan efisien dalam mendesain aplikasi mobile melalui cloud programming. Dia juga memaparkan bahwa sebenarnya mahasiswa Prodi Manajemen Informatika UTY sudah familier dengan berbagai tool pemrograman android.  Namun ia tetap mengikuti perkembangan terkini dalam bidang pemrograman. Salah satunya aplikasi android dengan IBM Bluemix, yang relatif baru.

Melalui kerjasama dan workshop ini kemampuan dan wawasan mahasiswa dapat terus ditingkatkan kompetensinya, sehingga para mahasiswa dapat membangun aplikasi android dengan berbagai alternatif tool yang efisien. Bagi peserta workshop, disamping memperoleh wawasan dan skill tentang aplikasi mobile, mereka diuji dengan test kompetensi. Hasil uji kompetensi menunjukkan tingkat keberhasilan yang tinggi hingga mencapai 90%,  dan para peserta mendapatkan sertifikasi tingkat nasional di bidang pemrograman IBM Bluemix. Workshop tersebut mendapat sambutan yang positif dari para mahasiswa. Nampak para peserta antusias mengikuti kegiatan workhsop dari awal hingga usai.

Sementara itu Dr Ir Arief Hermawan, MT Wakil Rektor Bidang Akademik UTY menyampaikan bahwa era komputasi sekarang sudah bergeser dari yang berbasis web menuju berbasis android. Sehingga ia mengapresiasi kegiatan tersebut, yang berarti akan mengantarkan para lulusan sesuai dengan tuntutan jaman.  Ia mengatakan bahwa dari berbagai informasi, data menunjukkan bahwa saat ini jumlah ponsel di Indonesia telah melebihi jumlah populasi penduduk Indonesia. Hal ini dikarenakan hampir semua orang punya handphone. Bahkan banyak diantaranya mereka yang memiliki lebih dari satu HP.  Sehingga aplikasi berbasis android semakin dibutuhkan, tambahnya.